Cara Memperbaiki Suara Laptop yang Hilang, Atasi Segera!
Cara memperbaiki suara laptop yang hilang (Lifewire)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Baik laptop atau PC, keduanya sudah jadi bagian tak terpisahkan dalam dunia kerja saat ini. Apalagi jika Anda sedang menjalani Work From Home, tentu kedua perangkat tersebut bernilai sangat penting.

Padahal, rusak dan problem adalah dua hal yang pasti dialami laptop atau komputer. Dan salah satu jenis kerusakan yang kerap dihadapi banyak pengguna adalah suara laptop menghilang.

Maka, saat ada kendala atau problem pada laptop, tentu Anda pun merasa panik, bukan? Apalagi jika pekerjaan sedang menumpuk dan jadwal meeting online ada banyak. Makin panik pastinya.

Harap tenang. Untuk membantu pembaca mengatasi masalah ini, tim VOI sudah mengumpulkan beberapa cara memperbaiki suara laptop yang hilang.

Namun, sebelumnya, kenali pula apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut. Sehingga Anda bisa lebih berhati-hari dan tak terulang lagi.

Penyebab Suara Laptop Windows 10 Hilang

Ternyata, yang membuat suara laptop hilang tak selalu kerusakan di bagian komponen. Terkadang, hilangnya suara pada laptop Windows juga diakibatkan akibat ulah pengguna. Misal, menurunkan volume hingga 0% atau mengaktifkan Mode Mute.

Lebih lengkap, berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab suara laptop hilang.

  1. Pengaturan volume speaker 0%
  2. Mode Mute pada pengaturan speaker yang aktif
  3. Ada masalah pada driver
  4. Hardware rusak

Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara Windows 10

Berdasarkan penyebabnya di atas, ada beberapa cara memperbaiki suara laptop yang hilang. Penasaran apa aja caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Install ulang driver audio pada laptop Anda
  2. Re-install driver audio yang sebelumnya sudah terpasang
  3. Cek kondisi pengaturan speaker pada laptop Windows Anda
  4. Mengganti posisi default pada speaker
  5. Pastikan pengaturan speaker pada laptop tidak disable
  6. Jalankan Troubleshoot untuk audio
  7. Update versi sistem operasi Windows pada laptop
  8. Tes suara dengan memasang speaker eksternal
  9. Terakhir, service laptop Anda

Ya, ketika beberapa cara di atas tetap tidak berhasil untuk mengatasi suara laptop yang hilang, jangan tunggu lama lagi. Langsung bawa perangkat milik Anda ke pusat perbaikan terdekat. Semakin cepat, semakin baik.

Nah, itulah penyebab dan cara memperbaiki suara laptop yang hilang. Semoga uraian di atas bisa membantu Anda untuk mengatasi kendala ini, ya.