Bagikan:

 

JAKARTA — Beberapa pengguna AirPods mungkin pernah merasakan suara yang tidak imbang dari earbuds mereka. Satu perangkat mungkin menghasilkan suara yang lebih keras atau lebih pelan.

Jika hal ini terjadi pada AirPods Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa mencoba membersihkan AirPods, mengatur audio melalui perangkat yang tersambung, atau matikan fitur audio spasial.

Kebersihan AirPods merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Dengan membersihkan perangkat audio itu secara teratur, Anda bisa menghilangkan kotoran telinga yang menumpuk hingga menurunkan kualitas audio.

AirPods bisa dibersihkan menggunakan cotton bud atau kapas. Pengguna hanya perlu membersihkan kotoran di sekitar jaring speaker. Jika kotoran masih terlihat, gunakan sikat yang lembut dan gosok ke sisi jaring hingga kotorannya menghilang.

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengatur audio melalui iPhone. Buka Pengaturan di perangkat yang Anda gunakan, lalu buka Aksesibilitas. Setelah itu, pilih Audio dan Visual dan ubah keseimbangan audio dengan menggeser tombol.

Terakhir, Anda bisa mencoba mematikan fitur audio spasial. Dalam beberapa kasus, fitur ini bisa bermasalah karena perangkat audio yang digunakan akan memanfaatkan sensor untuk meningkatkan audio dan menghasilkan suara yang tidak imbang.

Untuk mematikan fiturnya, sambungkan AirPods ke iPhone Anda, kemudian buka Pusat Kontrol di perangkat Anda. Tekan penggeser volume, lalu ketuk opsi Audio Visual atau Spasialisasi Stereo. Setelah itu, pilih opsi Tetap (menggunakan) atau Mati.