Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Windows yang Error
Cara memperbaiki keyboard laptop eror (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada beragam kerusakan keyboard laptop atau PC yang kerap dihadapi banyak pengguna. Namun, yang paling sering dialami adalah error dalam bentuk mengetikkan banyak huruf sekaligus.

Saat kerusakan tersebut Anda alami, tentu rasanya gamang untuk tetap menggunakan perangkat. Padahal, di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, banyak aktivitas yang dilakukan secara daring. Mulai dari belajar, sosial, hingga aktivitas produktif.

Beruntungnya, ada cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Dan bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, ikuti langkah-langkah berikut agar kerusakan tersebut segera teratasi.

Restart Perangkat

Jika Anda sudah mencoba berbagai langkah troubleshooting tapi error masih ada, restart perangkat bisa jadi solusi pertama. Langkah sederhana ini seringkali manjur untuk untuk mengatasi sejumlah problem pada PC atau laptop.

Pasalnya, memulai ulang perangkat akan menghapus data yang menghambat kinerja. Di samping itu, juga akan menghentikan sejumlah layanan dan pemrosesan yang menghabiskan terlalu banyak RAM.

Cek Debu pada Keyboard

Jika keyboard yang Anda pakai berusia cukup tua, bisa jadi ada debu yang menumpuk di bagian dalam. Hasilnya, kinerja keyboard pun kurang optimal. Tak jarang, mengakibatkan error pada keyboard seperti yang digambarkan di atas.

Maka dari itu, untuk mengatasinya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu membersihkan debu pada keyboard, baik keyboard laptop maupun PC. Untuk pengguna keyboard mekanikal, Anda bisa melakukannya dengan mencopot seluruh Switch.

Sedangkan bagi pengguna Laptop, baiknya Anda menghubungi jasa servis terdekat. Soalnya, Anda perlu mencopot casing laptop untuk membersihkan bagian dalam keyboard.

Jalankan Troubleshooter Keyboard pada Windows 10

Saat Anda sudah menjalankan dua langkah di atas tapi kendala masih ada, maka Anda perlu menjalankan troubleshooter untuk windows 10. Biasanya, ada kendala pada bagian hardware.

Ikuti langkah-langkah untuk menjalankan troubleshooter pada keyboard Windows berikut ini:

  1. Klik kanan pada menu Start lalu pilih Settings. Atau, Anda cukup menekan tombol Win+I pada keyboard secara bersamaan
  2. Klik menu Update & Security > Troubleshoot, lalu Additional Troubleshoot
  3. Pada bagian Find and fix other problems, pilih Keyboard, lalu klik menu Run troubleshooter
  4. Tunggu beberapa saat agar Windows bisa mengidentifikasi penyebab eror tersebut

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Jadi, saat Anda menghadapi problem ini, langsung atas dengan langkah-langkah di atas.