Keyboard Laptop tidak Berfungsi Sebagian? Begini Cara Mudah Mengatasinya
Ilustrasi (TechAdvisor)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda kebingunan gara-gara keyboard laptop tidak berfungsi sebagian? Hal tersebut pasti sangat menjengkelkan, karena keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik bisa mempersulit hingga menyebabkan pekerjaan tak kunjung usai.

Sedianya, para pengguna yang terkendala sebagian keyboard tidak berfungsi menggunakan alternatif copy paste. Akan tetapi, bila dilakukan terus menerus, bisa sangat menyusahkan.

Jika keyboard laptop rusak sebagian, Anda tak perlu risau, karena cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian sangatlah mudah.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang tidak Berfungsi Sebagian

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Berikut beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfugsi sebagian.

  1. Restart Laptop

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian dengan melakukan restart. Sebagian kasus keybord laptop tidak berfungsi sebagian bisa teratasi dengan reboot. Cara ini juga berlaku jika ada masalah pada sistem berlaku.

Oleh sebab itu, cara sederhana itu patut dicoba sebelum melakukan tindakan lain. Jika Anda tidak bisa melakukan restart melalui Start Menu, tekan tombol daya di laptop selama beberapa saat hingga laptop Anda mati.

  1. Me-restore System

Banyak pengguna yang tidak menyadari, keyboard laptop tidak berfungsi sebagian karena melakukan instalasi suatu program. Apabila hal ini terjadi, Anda bisa me-restore sistem.

Ilustrasi keyboard laptop rusak
Ilustrasi keyboard laptop rusak sebagian (pixabay/JESHOOT-com)

Khusus untuk laptop yang dibekali operating system Windows 7 dan Windows 8, pengguna bisa me-restore system dengan cara:

  • Klik ‘Start Menu’
  • Cari ‘Recovery’ di kolom search dan tekan ‘Enter’
  • System Restore Window akan terbuka, klik Next
  • Pilih restore point yang ingin kamu gunakan.
  • Klik Finish
  • Klik Yes, dan tunggu hingga proses restore selesai.

Menu Restore System ini bisa membuat laptop kembali pada keadaan sebelum instalasi program menjadi masalah. Dengan Restore System, program yang bermasalah akan hilang dari sistem.

  1. Cek Driver Keyboard

Keyboard laptop tidak berfungsi sebagian juga bisa disebabkan oleh driver. Situasi ini bisa terjadi jika Anda meminta pihak ketiga untuk melakukan pemasangan perangkat luna. Selain itu, serangan virus juga bisa membuat keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan secara berkala. Caranya cukup mudah, yakni:

  • Klik Start Menu
  • Ketik ‘Device Manager’ pada kolom pencarian, lalu Enter.
  • Perhatian bagian ‘Keyboard’, jika terdapat tanda segitiga berwarna kuning, besar kemungkina bahwa driver keyboard mengalami masalah.

Untuk mengatasi driver yang bermasalah, Anda perlu mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut di laman resmi produsen laptop.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengklik dua kali pada jenis keyboard yang muncul di bawah bagian ‘keyboard’ untuk mencari driver yang diperlukan. Berikutnya, pilih menu driver dan klik ‘Update Driver’ sebagai alternatif mengatasi keyboard tidak berfungsi sebagian.

  1. Lihat Fungsi NumLock

Keyboard laptop tidak berufungsi sebagian juga bisa disebabkan karena masalah sepele, seperti fungsi Num Lock tidak aktif saat menginput nomor.

Jika fungsi NumLock tidak aktif, karakter yang muncul ketika menekan angka-angka pada keyboard biasanya akan berbeda dari tombol yang ditekan.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini sangat sederhana. Cukup tekan tombol Num Lock yang biasanya ada sekitar tombol angka.

Sementara pada keyboard laptop, mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi Num Lock bisa dilakukan dengan menekan tombol Fn bersamaan dengan NumLK atau NumLock.

Demikianlah informasi soal cara mengatasi keybord laptop yang tidak berfungsi sebagian. Jika Anda sudah mempraktikkan keempat cara tersebut, namun keybord laptop tetap tidak berfungsi dengan baik, segera periksakan ke ahlinya untuk mendapatkan penanganan yang benar.