Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering
Ilustrasi Rambut Kering (Gabby K)

Bagikan:

JAKARTA - Punya rambut kering memang menyebalkan. Pasalnya, rambut kering bisa membuat penampilan jadi kurang menarik. Oleh sebab itu, sangat penting buat kaum wanita menjaga kesehatan rambut agar senantiasa sehat dan gampang diatur.

Kalau Anda punya rambut kering, begini cara merawat dan mengatasi rambut kering agar tampak indah berkilau.

Penyebab Rambut Kering

Anda perlu tahu bahwa rambut kering disebabkan karena kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak yang cukup untuk melembabkan rambut. Selain faktor dari dalam, faktor luar lingkungan juga berpengaruh membuat rambut jadi kering, lho. Misalnya terlalu sering mencuci rambut, kebiasaan mengeringkan rambut dengan blower, atau sering melakukan styling rambut menggunakan alat catok atau curling. Tidak cuman itu, rambut kering juga bisa terjadi kalau Anda membiarkan rambut terpapar sinar matahari terlalu lama atau sering menggunakan bahan kimia agar styling rambut lebih awet.

Sebenarnya, sah-sah saja jika Anda mau melakukan cara-cara diatas untuk mempercantik tampilan rambut. Namun, Anda juga harus pandai merawatnya untuk mengurangi efek kering yang muncul setelah styling rambut.

Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Bagi pemilik rambut kering dan mengembang, sebisa mungkin jangan mencuci rambut setiap hari. Sebab kebiasaan ini justru membuat rambut Anda makin kering dan ujung-ujungnya rusak. Mencuci rambut terlalu sering justru bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Jadi, alangkah baiknya mencuci rambut 1-2 kali saja dalam seminggu atau keramas saat rambut terasa kotor.

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Aplikasikan kondisioner setelah keramas menggunakan shampoo. Kondisioner bisa menyehatkan kutikula dan menjaga kelembaban rambut. Tapi jangan aplikasikan kondisioner di kulit kepala karena dapat menyebabkan ketombe.

Gunakan Minyak Alami

Cara merawat dan mengatasi rambut kering selanjutnya yaitu dengan mengoleskan minyak alami sebelum atau sesudah keramas. Jenis minyak yang bisa Anda gunakan adalah minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond. Minyak alami ini punya fungsi mengembalikan kelembaban rambut sehingga rambut tampak lebih berkilau dan mudah diatur. Gunakan minyak mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut agar hasil lebih maksimal.

Lindungi Rambut

Saat sedang di luar ruangan, usahakan untuk melindungi rambut dari panas matahari dengan cara memakai topi atau scraf. Anda juga bisa menggunakan penutup kepala saat berenang di kolam untuk melindungi rambut dari klorin.

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara merawat dan mengatasi rambut kering yaitu membatasi penggunaan alat styling rambut seperti curling dan catokan rambut. Panas yang dihasilkan dari alat styling bisa merusak rambut jika sering digunakan, lho.

Rawat Rambut Dengan Bahan-Bahan Alami

Untuk merawat dan mengatasi rambut kering, Anda bisa sering creambath atau masker rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti alpukat dan santan kelapa. Minyak alami yang terkandung di dalam kedua bahan tersebut bisa membantu mengurangi rambut kering.

Konsumsi Makanan Sehat

Selain perawatan dari dalam, Anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan sehat seperti ikan salmon, sayur bayam, dan jambu biji. Makanan-makanan ini baik untuk mencegah kerusakan rambut.