Tips Menghilangkan Uban di Rambut yang Ganggu Penampilan
Ilustrasi Rambut Beruban (Nikolai Ulltang/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Selain kulit, rambut Anda pun mengalami siklus penuaan. Seiring bertambahnya usia folikel rambut, warna yang dihasilkan pun akan semakin sedikit. Meski faktor genetik menentukan munculnya uban, namun setelah umur 35 tahun, folikel rambut Anda yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau uban untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Sementara beberapa orang mengira uban sebagai tanda kedewasaan dan kebijaksanaan, banyak yang merasa bahwa mereka terlihat lebih tua ketika rambut beruban dan mulai melakukan segala cara untuk menghilangkannya. 

Nah, untuk menghilangkan uban di rambut dengan cepat, begini cara alami yang bisa Anda terapkan.

Minyak Kelapa

Untuk menghilangkan uban di kepala, Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa yang dicampur dengan air jeruk nipis. Buatlah campuran yang sesuai dengan takaran yang pas dengan ketebalan atau panjang rambut. Setelah itu, usapkan campuran minyak di seluruh bagian rambut. Kemudian, pijat kepala dan rambut hingga minyak meresap. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air panas.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah populer dengan khasiatnya untuk menghitamkan rambut. Anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk menghilangkan uban dengan cara menyangrai kemiri lalu tumbuk hingga minyak keluar. Aplikasikan minyak tersebut ke rambut lalu diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

Yoghurt dan Kopi Bubuk

Yoghurt dan kopi bubuk pun bisa Anda manfaatkan untuk menyamarkan uban. Cukup campur kopi bubuk dengan 100 gr plain yoghurt. Oleskan pasta yoghurt menyeluruh mulai dari kulit kepala hingga rambut. Diamkan satu jam lalu bilas dengan air hangat.

Daun Teh

Daun teh memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat penuaan kulit. Nah, manfaat serupa juga dapat Anda rasakan jika digunakan untuk menghilangkan rambut beruban. Caranya, saring teh dan campur satu sendok teh garam ke dalam larutan. Lalu, usap pada kepala hingga rambut dan tunggu selama satu jam. Bilas dengan air bersih setelahnya. Jika Anda rutin perawatan dengan daun teh selama 10 hari, pasti rambut Anda jadi bebas uban.

Kulit Kentang

Kulit kentang pun bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan rambut beruban. Campurkan satu gelas kulit kentang yang sudah bersih dengan 2 gelas air. Rebus selama 25 menit. Lalu, saring kulitnya dan diamkan hingga dingin. Agar rambut lebih wangi, Anda bisa mencampurkan minyak esensial ke dalam air rebusan kulit kentang. Setelah itu, keramas dengan air dingin.

Daun Jambu Biji

Rambut beruban bisa hilang perlahan dengan perawatan menggunakan daun jambu biji. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun jambu biji lalu campur dengan sedikit air. Setelah itu, balurkan ke seluruh kulit kepala dan rambut sambil dipijat. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air dingin.

Bunga Kembang Sepatu

Kandungan zat pigmen alami pada kembang sepatu mampu mengembalikan warna rambut seperti semula. Cara mengaplikasikannya mudah. Panaskan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun. Masukkan beberapa bunga dan daun kembang sepatu. Lalu, tunggu beberapa menit hingga minyak dan bunga meresap. Setelah itu, aplikasikan ke rambut seperti masker. Tunggu  30 menit lalu bilas menggunakan sampo.