10 Trik Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami di Rumah
Ilustrasi (Nataliya Vaitkevich/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda mengalami masalah dengan rambut uban prematur? Jika iya, salah satu faktor utamanya adalah genetika. Penelitian telah menunjukkan bahwa uban prematur lebih mungkin terjadi pada orang dengan riwayat keluarga dengan kondisi tersebut. 

Faktor lain yang dapat menyebabkan rambut beruban prematur termasuk stres, merokok, pola makan yang buruk, kekurangan vitamin dan mineral penting, ketidakseimbangan hormon, dan kondisi medis seperti gangguan tiroid atau penyakit autoimun.

Penelitian juga menunjukkan bahwa uban pada rambut disebabkan oleh menipisnya melanin, pigmen yang memberi warna pada rambut. Seiring waktu, sel-sel penghasil melanin di folikel rambut dapat menjadi rusak atau mati, menyebabkan penurunan jumlah melanin yang diproduksi dan pada akhirnya membuat rambut beruban.

Penting untuk dicatat bahwa rambut uban prematur adalah bagian alami dari proses penuaan dan beberapa orang mungkin mengalaminya lebih awal atau lebih signifikan daripada yang lain. Meskipun saat ini tidak ada obat untuk mengatasi rambut uban prematur, tapi perubahan gaya hidup dan perawatan tertentu dapat membantu memperlambat atau mencegah uban lebih lanjut.

Ini termasuk mengelola stres dengan baik, menjaga pola makan sehat, tidur yang cukup, dan menggunakan produk rambut yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan kesehatan rambut. Dan cara terbaik menyembunyikan uban adalah dengan mewarnainya secara alami. Berikut 10 tips mudah mewarnai rambut dengan bahan alami di rumah.

1. Kopi: Seduh satu teko kopi kental dan biarkan dingin. Setelah itu, oleskan ke rambut Anda, biarkan selama satu jam, lalu bilas. Kopi dapat memberi rambut Anda warna coklat tua yang cantik.

2. Jus bit: Rebus beberapa bit dan biarkan airnya menjadi dingin. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air. Jus bit bisa memberi warna ungu kemerahan pada rambut Anda.

3. Henna: Campur bubuk henna dengan air panas hingga membentuk pasta. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam. Bilas dengan air. Henna bisa memberi warna oranye kemerahan pada rambut Anda.

4. Sage: Seduh satu cerek teh sage yang kental dan biarkan dingin. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air. Sage dapat memberi rambut Anda warna coklat yang lebih gelap.

5. Kamomil: Seduh teh kamomil kental dan biarkan dingin. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air. Chamomile dapat memberikan warna pirang terang pada rambut Anda.

6. Kenari hitam: Hancurkan kulit kenari hitam dan rebus dalam air. Biarkan dingin dan oleskan ke rambut Anda. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan air. Kenari hitam dapat memberikan warna coklat tua pada rambut Anda.

7. Jus wortel: Rebus beberapa wortel dan biarkan jus menjadi dingin. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air. Jus wortel dapat memberi warna oranye kemerahan pada rambut Anda.

8. Rhubarb: Rebus akar rhubarb dalam air dan biarkan dingin. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air. Rhubarb bisa memberi warna coklat kemerahan pada rambut Anda.

9. Indigo: Campurkan bubuk indigo dengan air panas hingga membentuk pasta. Oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam. Bilas dengan air. Indigo dapat memberikan warna biru kehitaman pada rambut Anda.

10. Jus lemon: Peras lemon segar dan oleskan ke rambut Anda. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air. Jus lemon dapat memberi rambut Anda warna pirang terang.