6 Bahan untuk Perawatan yang Membantu Menyokong Kecantikan Alami
Ilustrasi bahan alami untuk perawatan kecantikan (Freepik/arthursafranovvvv)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat ini cukup populer tren merawat tubuh dengan bahan-bahan alami. Selain dapat memilih produk perawatan sehari-hari yang berbahan alami, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah bahan yang tersedia di rumah tak hanya untuk perawatan kulit saja, tetapi juga rambut. Apa saja bahan tersebut? Anda tentu tak akan kesulitan untuk menemukan bahan di bawah ini di rumah.

1. Minyak kelapa

Memakai minyak kelapa setelah mandi, dapat membantu mengunci kelembapan kulit. Di samping untuk kulit, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan perawatan rambut. Hasilnya kalau diaplikasikan pada rambut, helai-helainya akan jatuh lebih lembut.

2. Kentang

Khasiat kentang cukuplah populer. Bahan alami yang biasa untuk hidangan ini, ampuh dalam mencerahkan kulit. Anda cukup menggunakan dua buah untuk masker wajah. Nah, untuk mendapatkan konsistensi pasta agar bisa menempel sempurna pada kulit wajah, tambahkan minyak zaitun dan minyak kelapa.

bahan alami untuk perawatan kecantikan
Ilustrasi bahan alami untuk perawatan kecantikan (Freepik/pressphoto)

3. Alpukat

Untuk memanfaatkan buah yang kaya akan lemak sehat ini, perlu dihaluskan lalu tambahkan madu dan telur. Kemudian, Anda bisa memakainya sebagai masker rambut. Aplikasikan selama 15 menit dan cuci memakai sampo serta akhiri dengan kondisioner.

4. Gula merah

Ketika gula merah larut, terdapat butiran kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai eksfoliator, dilansir All Women’s Talk, Rabu, 8 Februari. Untuk memakainya, Anda bisa menyerut menjadi lebih kecil dan campurkan dengan minyak bermanfaat baik itu minyak zaitun, tea tree oil, atau minyak almond.

5. Pisang

Pisang kaya akan potasium dan membantu tahan lapar. Sejumlah orang yang sedang berdiet, memilih buah ini sebagai pengganti makanan karbohidrat sederhana. Kalau untuk perawatan, Anda bisa menggunakan masker pisang untuk rambut. Setelah melakukan perawatan rutin, Anda akan melihat hasilnya optimal.

6. Oatmeal

Oatmel atau havermut, bisa disulap menjadi perawatan rambut ataupun perawatan kulit. Kalau untuk  kulit wajah, bisa membantu menenangkan dan mengurangi kemerahan karena bekas jerawat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker oatmeal untuk eksfoliasi kulit tubuh lainnya di samping wajah.

Itulah keenam bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan. Bisa juga untuk pilihan alternatif selain perawatan harian Anda.