Cara Menerapkan <i>Sustainable Beauty</i>, Rutinitas Kecantikan Ramah Lingkungan
Ilustrasi (Beata Dudova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran akan masalah lingkungan mulai meningkat, mendesak individu menerapkan praktik berkelanjutan di semua aspek kehidupan. Salah satunya industri kecantikan juga berupaya membuat rutinitas kecantikan jadi ramah lingkungan atau sustainable beauty. 

Dengan sadar memilih dan merangkul gaya hidup berkelanjutan, secara langsung Anda juga turut berpartisipasi menyelamatkan bumi. Berikut beberapa langkah praktis dan solusi berkelanjutan yang dapat dimasukkan ke dalam rutinitas kecantikan Anda. Mempromosikan keseimbangan yang harmonis antara perawatan diri dan kesadaran lingkungan.

Sederhanakan pemakaian produk kecantikan

Langkah pertama menuju rutinitas kecantikan berkelanjutan adalah merapikan koleksi produk kecantikan Anda. Perhatikan apa yang Anda miliki dan tentukan mana yang benar-benar penting. Dengan menyederhanakan penggunaan produk, Anda sudah mengurangi limbah dan membatasi konsumsi kemasan tidak perlu.

Cari produk multiguna dengan banyak fungsi, seperti pelembab dengan SPF atau blush on yang bisa bisa dijadikan lipstik, sabun mandi yang juga berfungsi sebagai sabun muka. Pilih kemasan isi ulang atau produk yang dijual dalam wadah daur ulang atau terurai secara hayati untuk meminimalkan jumlah sampah plastik.

Pilih bahan alami dan organik

Saat memilih produk kecantikan, utamakan yang berbahan dasar alami dan organik. Banyak produk kecantikan konvensional mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak hanya merugikan kesehatan tapi juga mencemari sumber air dan merusak ekosistem. Cari produk berlabel organik dan bersertifikat alami dan pastikan bahan penggunaan berasal dari sumber berkelanjutan dan bebas bahan tambahan berbahaya. 

Rangkul kekuatan alam dengan memasukkan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, dan minyak esensial ke dalam rutinitas Anda. Bahan-bahan ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga menawarkan nutrisi, peremajaan, dan solusi holistik untuk masalah kulit dan rambut Anda.

​​DIY produk kecantikan

Cara lain menerapkan sistem keberlanjutan dalam rutinitas kecantikan adalah dengan menciptakan produk sendiri menggunakan bahan-bahan alami sederhana di dapur Anda. Bereksperimenlah dengan masker wajah buatan sendiri, lulur, dan perawatan rambut, menggunakan bahan-bahan seperti oatmeal, madu, dan alpukat. 

Resep kecantikan DIY tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memungkinkan Anda menyesuaikan produk dengan kebutuhan dan preferensi spesifik Anda. Anda dapat menemukan banyak resep dan tutorial online yang menawarkan solusi kreatif dan efektif untuk semua kebutuhan kecantikan Anda.

Hemat air

Menghemat air adalah aspek penting dari rutinitas kecantikan berkelanjutan. Meski Anda tergoda mandi air panas dalam waktu lama atau membiarkan keran tetap menyala saat melakukan rutinitas perawatan kulit, tetap saja penggunaan air penting diperhatikan. 

Pertimbangkan mandi lebih singkat, mematikan keran saat menyikat gigi atau menyabuni wajah, dan mengumpulkan air hujan untuk menyiram tanaman. Penyesuaian kecil ini bisa sangat membantu dalam menghemat air, sumber daya berharga yang harus dilindungi.

Perhatikan kemasan produk

Saat membeli produk kecantikan, perhatikan kemasannya. Pilih merek dengan kemasan minimalis atau pilih produk dari bahan yang dapat didaur ulang atau dapat terurai secara alami. Cari merek kecantikan dengan tawaran opsi isi ulang atau program pengembalian wadah guna mengurangi limbah.

Selain itu, biasakan mendaur ulang wadah produk kosong alih-alih membuangnya ke tempat sampah. Banyak komunitas memiliki program daur ulang atau lokasi drop-off untuk kemasan kecantikan, jadi pastikan komunitas ini juga tersedia di wilayah Anda.

Menerapkan rutinitas kecantikan berkelanjutan adalah cara ampuh berkontribusi pada pelestarian planet sambil tetap menikmati manfaat perawatan diri. Dengan merampingkan produk, memilih bahan alami dan organik, menjelajahi opsi DIY, mengurangi konsumsi air, dan memperhatikan pengemasan dan daur ulang, Anda dapat secara signifikan meminimalkan dampak produk pada lingkungan.

Ingat, kecantikan berkelanjutan bukanlah tentang mengorbankan perawatan pribadi, melainkan membuat pilihan sadar yang mendukung rutinitas kecantikan lebih sehat dan aman, dilansir dari Times of India, Jumat, 11 Agustus.