5 Cara Membuat Bunga Kering, Mudah dan Praktis
Ilustrasi (Paul Wence/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Umumnya, bunga membutuhkan air. Namun jika ingin membuat bunga tahan selama bertahun-tahun, Anda perlu mengeringkannya dengan cara yang benar. Dilansir dari Reader’s Digest, Kamis, 10 Agustus, berikut VOI uraikan cara memulai dan apa saja yang diperlukan. 

Cara mengeringkan bunga : Dengan microwave

Metode ini sangat menghemat waktu karena bunga akan kering dalam hitungan menit. Cara ini juga cocok bagi pemula. Siapkan bunga yang ingin Anda keringkan, beberapa wadah keramik, kertas saring kopi, dan microwave. Letakkan bunga satu per satu ke dalam wadah keramik yang sudah dilapisi kertas saring kopi. Lalu, setel microwave selama tiga menit dan dinginkan. Setelah dingin, angkat bunga dengan hati-hati.

Cara mengeringkan bunga : Dengan silica gel

Jika Anda ingin bunga kering terlihat seperti di kebun, coba gunakan silica gel. Silica gel paling tepat digunakan mengeringkan bunga tekstur kokoh seperti zinnias atau mawar. Tuang silica gel dalam wadah besar lalu letakkan bunga di tengah. Tunggu hingga satu minggu untuk mendapat hasil terbaik.

Cara mengeringkan bunga: Pengeringan udara

Menggantung karangan bunga terbalik adalah teknik tradisional mengeringkan bunga. Kumpulkan bunga dalam satu tandan dan kencangkan batangnya dengan karet gelang. Gantung terbalik di area yang berventilasi baik, jauh dari sinar matahari langsung, seperti di lemari kosong. Dalam beberapa minggu, kelopaknya menyusut dan berubah warna.

Cara mengeringkan bunga : Dengan cara ditekan

Meski metode ini memakan waktu, namun hasilnya selalu memuaskan. Ambil ensiklopedia atau buku tebal. Lapisi halaman dengan perkamen atau kertas lilin dan atur bunga menghadap ke bawah agar tidak tumpang tindih. Tutup buku dan biarkan selama tujuh hingga sepuluh hari.

Cara mengeringkan bunga: Dengan vas

Mengeringkan bunga dalam vas juga cukup mudah. Tempatkan beberapa tangkai bunga dalam vas yang diisi 3 senti air. Setelah semua air menguap, bunga akan berdiri tegak dan kuat, tetapi kering. Hydrangea atau baby's breath adalah pilihan yang baik untuk metode ini, karena bunga dengan tangkai yang lebih lembut dapat terkulai. Cukup gunakan vas sebagai hiasan meja atau lepaskan bunganya, ikat pita di sekeliling batang dan gantung di dinding.