5 <i>Hack</i> Kecantikan Wanita Korea yang Paling Mudah Diikuti
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tren kecantikan Korea atau dikenal juga sebagai K-beauty, telah mendapat popularitas luar biasa di tengah masyarakat saat ini. Sebab K-beauty berfokus pada rutinitas perawatan kulit yang komprehensif serta tips kecantikan yang inovatif. Untuk meningkatkan rutinitas perawatan kulit Anda, berikut lima tips kecantikan ala wanita Korea yang mudah diikuti.

Double cleansing

Salah satu hal paling penting dalam menerapkan konsep K-beauty yaitu double cleansing. Pertama, bersihkan makeup dengan produk berbahan dasar minyak untuk menghilangkan riasan dan juga kotoran.

Setelah itu, lanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air (micellar water) guna membersihkan kulit secara mendalam. Dua langkah ini berfungsi memastikan wajah bersih menyeluruh tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit.

Hidrasi

K-beauty sangat menekankan pada hidrasi untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Selain menggunakan toner yang menghidrasi, menambahkan sheet mask ke dalam rutinitas skincare Anda dapat memberikan peningkatan kelembapan secara instan. Sheet mask direndam dalam serum yang menembus kulit, menjadikan kulit plumpy dan terhidrasi setelah digunakan.

Eksfoliasi ringan

Daripada menggunakan exfoliant fisik yang keras, K-beauty merekomendasikan exfoliant kimiawi yang lembut seperti AHA (asam alfa hidroksi) dan BHA (asam beta hidroksi). Asam ini membantu mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan meningkatkan pergantian sel. Eksfoliasi lembut yang dilakukan secara teratur berkontribusi menciptakan kulit yang lebih halus dan cerah.

Layering produk

10-step skincare ala Korea yang terkenal menekankan pada penggunaan layering produk yang berbeda untuk mendapatkan manfaat maksimal. Meski tidak semua orang membutuhkan 10-step, konsep layering memungkinkan Anda menyesuaikan rutinitas berdasarkan kebutuhan kulit.

Mulailah dengan produk dengan tekstur yang lebih ringan lalu lanjutkan ke tekstur yang lebih tebal.  Jangan lupa, pastikan setiap produk terserap dengan baik pada kulit sebelum mengaplikasikan produk berikutnya.

Gunakan sunscreen tiap hari

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam rutinitas perawatan kulit wanita Korea adalah penggunaan sunscreen tiap hari. Sunscreen tidak hanya digunakan saat cuaca cerah. Ketika mendung, sunscreen tetap wajib diaplikasikan.

Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat sebabkan penuaan dini dan menurunkan risiko kanker kulit. Pilih sunscreen dengan SPF terendah 30 dan aplikasikan ulang tiap dua jam sekali, terutama bagi Anda yang punya aktivitas luar ruangan cukup tinggi.