Wajib Disimak! Inilah 3 Jenis Tabir Surya yang Dapat Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV Ekstrem
Ilustrasi penggunaan tabir surya di kulit (Foto: chezbeate/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum lama ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan imbauan untuk memakai tabir surya dengan tingkat SPF tertentu saat beraktivitas di luar rumah karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari berada pada tingkat sangat berbahaya. Lantas, apa saja jenis tabir surya yang bisa melindungi kulit dari paparan UV ekstrem? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jenis Tabir Surya yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV Ekstrem 

Untuk mencegah kulit

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis tabir surya alias sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UV ekstrem:

  1. Sunscreen gel

Sunscreen gel adalah tabir surya dengan tekstur ringan dan menyegarkan. Tabir surya jenis ini lebih disukai karena lebih nyaman digunakan ketimbang jenis sunscreen lainnya.

Tabir surya gel memiliki kandungan berbahan dasar air, sehingga lebih mudah diserap oleh kulit wajah dan tidak membuat wajah berminyak.

Beberapa sunscreen gel bahkan dilengkapi cooling sensation untuk sensasi pemakaian yang lebih menyenangkan. Saat ini, sudah banyak merek sunscreen gel yang bagus beredar di pasaran.

Untuk mencegah sunburn—kondisi iritasi pada kulit akibat paparan berlebihan dari snar ultraviolet (UV)—Anda bisa menggunakan sunscreen gel dengan dengan SPF (sun protection factor) 30+.

SPF sendiri merupakan angka yang menunjukkan seberapa baik tabir surya bekerja dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Semakin tinggi angka SPF, maka perlindungan kulit dari paparan sinar matahari akan semakin baik.

  1. Sunscreen powder

Sunscreen powder adalah tabir surya dalam bentuk bedak. Ini dapat menjadi alternatif yang nyaman untuk bedak tabur biasa.

Biasanya, tabir surya jenis ini dilengkapi dengan sikat atau puff built-in yang memungkinkan Anda untuk membuka tutup dan mengaplikasikannya di wajah hingga leher dan dada.

Disadur dari Very Well Health, formulasi powder sunscreen kerap menambahkan ‘penghalang fisik’ seperti zinc oxide untuk menghalangi paparan sinar matahari.

Powder sunscreen dapat diaplikasikan ulang setelah Anda mengoleskan lotion atau krim tabir surya pada wajah sebelum menggunakan make up. Disarankan untuk tidak menjadikan powder sunscreen sebagai lapisan tabir surya utama atau dasar.

Tabir surya bentuk bedak ini memberikan lapisan perlindungan sinar UV pada wajah sekaligus bekerja sebagai setting powder untuk mengunci riasan wajah. Kemudian, sunscreen powder juga dapat mengontrol minyak berlebih dan menyamarkan tampilan pori wajah.

  1. Sunscreen stick

Sunscreen stick adalah salah satu jenis tabir surya yang praktis untuk dibawa ke mana pun. Sunscreen ini mudah digunakan karena memiliki bentuk stick. Dengan alasan tersebut banyak orang yang lebih memilih produk ini dibandingkan sunscreen losion.

Sunscreen atau tabir surya jenis stick mempunyai tekstur yang tidak lengket dan mudah meresap. Jenis sunscreen ini cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Sunscreen stick memiliki tekstur yang gak lengket dan mudah meresap sehingga cocok untuk kamu yang suka traveling.

Sunscreen stick dengan SPF 30+ efektif untuk menangkal radiasi sinar UV sebelum memasuki lapisan kulit.

Menurut American Academy of Dermatology Association, sunscreen yang dapat bekerja secara maksimal dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah yang memiliki kandungan SPF 30 ke atas.

Demikian informasi tentang jenis tabir surya yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV ekstrem. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.