Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pemilik kulit sensitif, harus lebih selektif dalam memilih skincare dan makeup. Terutama skincare untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, tabir surya. Skincare ini, penting sekali dipakai, termasuk untuk kulit sensitif. Pasalnya, tabir surya memberikan perlindungan penuh bagi jenis kulit yang mudah mengalami keluhan karena kondisi lingkungan atau salah memakai skincare maupun makeup. Untuk itu, berikut tips memilih tabir surya untuk kulit sensitif.

1. Pilih tabir surya mineral

Tabir surya mineral, adalah jenis tabir surya terbaik yang bermanfaat melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, tabir surya mineral mencegah kerusakan kulit karena membantu menyaring sinar UV matahari yang merusak kulit. Bahan-bahan umum yang digunakan dalam tabir surya mineral meliputi titanium dioksida atau seng oksida.

tips memilih tabir surya untuk kulit sensitif
Ilustrasi tips memilih tabir surya untuk kulit sensitif (Freepik)

2. Hindari bahan-bahan keras

Bahan-bahan keras dapat mengiritasi semua jenis kulit, apalagi kulit sensitif. Artinya, hindari bahan-bahan tabir surya yang keras, seperti pewangi tambahan, pewarna, dan bahan kimia lainnya.

3. Cari tabir surya berlabel “Spektrum Luas”

Anda perlu memastikan tabir surya yang Anda pakai memberikan perlindungan dengan spektrum luas. Yaitu dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA, jelas dokter kulit bersertifikat Dendy Engelman, FACMS., FAAD., dilansir Byrdie, Senin, 30 September, cenderung memengaruhi kulit lebih dalam daripada UVB. Meski begitu, keduanya dapat menyebabkan kerusakan kulit, jadi penting mendapatkan perlindungan menyeluruh.

4. Pilih SPF 30 atau lebih tinggi

SPF spektrum luas 30 akan mencegah sekitar 97 persen sinar UVB mencapai kulit. Sedangkan SPF 50 hanya akan memungkinkan 2 persen masuk ke kulit. Oleh karena itu, pakai tabir surya minimal SPF 30 termasuk untuk tipe kulit sensitif.

5. Pilih formula tepat

Untuk kulit sensitif, Engelman mengatakan tabir surya bebas pewangi dapat membatasi reaksi dan peradangan. Bisa juga memakai tabir surya formula untuk bayi yang sama-sama efektif memerangi kerusakan kulit akibat sinar UV. Pilih juga tekstur yang nyaman untuk tabir surya kulit sensitif. Misalnya memakai jenis tabir surya dengan tekstur gel berbasis mineral dan bebas pewangi.

Itulah kelima tips memilih tabir surya untuk kulit sensitif. Selain memakai tabir surya, penting juga memperhatikan urutan pemakaian skincare. Engelman menyarankan, meski memakai alas bedak dengan formula SPF, tetaplah memakai tabir surya setelahnya. Baru terakhir memakai bedak tipis untuk menyempurnakan penampilan.