Bagikan:

YOGYAKARTA – Memakai tabir surya yang mengandung SPF merupakan hal penting dalam melindungi kulit dari matahari. Untuk memakai tabir surya, dokter kulit Sam Bunting merekomendasikan aturan dalam memakainya. Diantaranya, Anda bisa mempraktikkan cara berikut di bawah ini.

1. Pilih SPF dengan spektrum yang luas

Dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, pilihlah tabir surya dengan SPF berspektrum luas. Sinar UVA menyebabkan garis-garis halus, pigmentasi, tekstur kulit tidak rata, pori-pori besar, kulit menjadi kasar, dan hilangnya kolagen. Jadi penting memilih SPF dengan spektrum luas terutama ketika berlibur ke pantai. Tabir surya dengan spektrum luas berarti dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB secara signifikan.

2. Pakai jenis tabir surya yang tepat untuk kulit Anda

Tabir surya terbagi dalam dua kategori. Pertama berupa bahan kimia dengan formula yang mengandung bahan seperti oktinoksat dan oksibenzon sebagai penyaring matahari, menyerap sinar UV untuk mencegah kerusakan kulit. Kedua, pelindung fisik, yang berbahan dasar mineral dan umumnya mengandung seng oksida dan titanium dioksida untuk melindungi kulit secara fisik dan memantulkan cahaya, serta menyerapnya.

aturan memakai tabir surya dengan spf
Ilustrasi aturan memakai tabir surya dengan spf (Freepik/gpoinstudio)

“Jika kulit Anda sensitif atau rentan terhadap kemerahan, menderita rosacea atau eksim, umumnya tabir surya mineral akan menawarkan pengalaman yang lebih lembut karena dilakukan sesuai prosedur seperti laser, pengelupasan, atau perawatan setelahnya” kata dokter Bunting.

3. Pakai sesuai kebutuhan

Memakai tabir surya dengan SPF hanya perlu secukupnya saja. Untuk memastikan Anda memasukkan bahan-bahan bagus yang cukup ke kulit Anda, dokter menyarankan memakai 1,25 mililiter untuk diaplikasikan pada wajah dan leher. Metode yang sangat mudah adalah mengaplikasikan dengan ‘teknik 13 titik’. Teknik ini sesederhana sebutannya, terapkan 13 titik SPF yang berbeda di sekitar wajah dan menggosokkannya bersama-sama. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengaplikasikan SPF secara merata tanpa terlewat sedikitpun.

4. Tak cukup memakai makeup yang mengandung SPF

Banyak orang meyakini bahwa SPF dalam alas bedak cukup melindungi dari sinar UV. Tetapi menurut dokter Bunting mengatakan kemungkinan besar tidak cukup melindungi, dilansir Vogue, Senin, 5 Juni. Tambahnya lagi, ini hanya akan memberikan sedikit perlindungan saja. Maka pakailah tabir surya dengan SPF selain juga memakai makeup.

5. Hindari pakai SPF rendah

Alih-alih memakai SPF rendah, lebih baik memakai SPF tinggi yang pasti melindungi kulit secara baik dan mencegah kanker kulit serta penuaan dini. Jelas dokter Bunting, PF50 tidak hanya menawarkan perlindungan 95 persen dari UV dibandingkan dengan SPF30 yang 93 persen.

Itulah aturan dalam menggunakan tabir surya yang mengandung SPF. Apakah Anda sudah menerapkannya untuk perlindungan kulit wajah sehari-hari?