Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika matahari sedang terik, penting untuk memberikan perlindungan pada kulit. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan tabir surya untuk menghindari terpapar sinar UV, penuaan diri, dan risiko kanker kulit. Terdapat berbagai jenis tabir surya, selain yang biasa ada pula bentuk stik. Lantas mana tabir surya yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV?

Keuntungan memakai tabir surya biasa

Tabir surya biasa memperikan cakupan lebih luas saat diaplikasikan pada kulit. Artinya lebih memungkinkan dipakai secara merata dan melindungi kulit sepenuhnya. Umumnya, tabir surya biasa bertekstur losion atau krim yang mudah diaplikasikan, termasuk pada area yang sulit terjangkau.

tabir surya biasa atau stik efektif melindungi kulit
Ilustrasi tabir surya biasa atau stik efektif melindungi kulit (Freepik/pvproductions)

Tabir surya biasa juga tersedia dalam berbagai tingkat SPF. Sehingga Anda bisa memilih tingkat perlindungan sesuai jenis kulit dan intensitas paparan sinar matahari. Selain itu, produk ini sering kali mengandung bahan-bahan bermanfaat tambahan seperti pelembab, antioksidan, dan senyawa yang menutrisi kulit, yang memenuhi kebutuhan perawatan kulit tertentu.

Keuntungannya lagi saat memakai tabir surya biasa, karena teksturnya yang lebih ringan, akan cepat meresap dalam kulit. Minimal meninggalkan residu sehingga kalau harus mengaplikasikan ulang lebih mudah dan nyaman.

Keuntungan memakai tabir surya stik

Tabir surya atau sunscreen berbentuk stik cukup nyaman dibawa ke mana-mana. Karena didesain lebih compact, ringan, tidak mudah tumpah, dan bocor dibandingkan tabir surya losion biasa. Bentuk tabir surya stik, ideal untuk digunakan saat bepergian dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam saku, tas, atau dompet.

Soal cara pengaplikasian, memang bentuk tabir surya ini dibuat agar sesuai target. Pengaplikasian juga bisa langsung, tak perlu meratakan sehingga tak berantakan. Melansir Hindustan Times, Minggu, 5 Mei, banyak tabir surya bersifat tahan air sehingga tepat dipakai saat berenang atau olahraga air. Formulasi sticknya cenderung melekat dengan baik di kulit, meski terkena air atau keringat.

Berbeda dengan tabir surya losion, tabir surya stik memiliki konsistensi lebih kering sehingga tidak meninggalkan residu berminyak pada kulit. Itu berarti bahwa bagi Anda dengan kulit cendrung berminyak serta rentan berjerawat, minim risiko pori tersumbat dan sebabkan jerawat ketika memakai jenis tabir surya stik.

Sebenarnya, tabir surya biasa atau stik sama-sama melindungi kulit. Keduanya sama-sama memiliki manfaat. Hanya saja saat memilih tabir surya, pertimbangkan tingkat SPF, cara pengaplikasian yang sesuai, dan usahakan mengaplikasikan ulang setelah lebih dari 4 jam menggunakannya.