Aturan Menggunakan Sunscreen yang Benar Menurut Pakar Dermatologi
Aturan Menggunakan Sunscreen (Gambar Sam Williams - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sunscreen atau tabir surya dapat melindungi kulit Anda dari kanker kulit dan penuaan dini. Namun, itu tidak efektif kecuali jika diterapkan dengan tidak benar atau tak sesuai aturan menggunakan sunscreen. Ikuti tip berikut dari ahli dermatologi bersertifikat saat mengaplikasikan tabir surya. 

Aturan Menggunakan Sunscreen

  • Pilih tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi, tahan air, dan memberikan cakupan spektrum luas, yang berarti melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. Ikuti tips bermanfaat ini saat memilih tabir surya.
  • Oleskan tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan. Dibutuhkan sekitar 15 menit bagi kulit Anda untuk menyerap tabir surya dan melindungi Anda. Jika Anda menunggu hingga berada di bawah sinar matahari untuk mengoleskan tabir surya, kulit Anda tidak terlindungi dan bisa terbakar.
  • Gunakan tabir surya secukupnya. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 1 ons - atau cukup untuk mengisi gelas - untuk menutupi tubuh mereka sepenuhnya. Gosok tabir surya secara menyeluruh ke kulit Anda.
  • Oleskan tabir surya ke semua kulit yang terpapar matahari. Ingat leher, wajah, telinga, bagian atas kaki dan kaki Anda. Untuk area yang sulit dijangkau seperti punggung, minta bantuan seseorang atau gunakan tabir surya semprot. Jika Anda memiliki rambut yang menipis, oleskan tabir surya ke kulit kepala Anda atau kenakan topi bertepi lebar. Untuk melindungi bibir Anda, aplikasikan lip balm dengan SPF minimal 15.
  • Agar tetap terlindungi saat berada di luar ruangan, aplikasikan kembali tabir surya setiap dua jam, atau segera setelah berenang atau berkeringat. Orang yang terbakar sinar matahari biasanya tidak menggunakan tabir surya yang cukup, tidak mengoleskannya kembali setelah berada di bawah sinar matahari, atau menggunakan produk yang kedaluwarsa. Kulit Anda terpapar sinar UV matahari yang berbahaya setiap kali Anda pergi ke luar, bahkan pada hari berawan dan di musim dingin. Jadi apakah Anda sedang berlibur atau berjalan cepat di lingkungan Anda, ingatlah untuk menggunakan tabir surya. Untuk tips pencegahan kanker kulit lainnya, lihat dokter kulit bersertifikat.

Orang yang terbakar sinar matahari biasanya tidak menggunakan tabir surya yang cukup, tidak mengoleskannya kembali setelah berada di bawah sinar matahari, atau menggunakan produk yang kedaluwarsa.

Kulit Anda Bakal selalu terpapar sinar UV matahari yang berbahaya setiap kali Anda pergi ke luar, bahkan pada hari berawan dan di musim hujan. Jadi kalau Anda sedang berlibur atau jalan-jalan di lingkungan Anda, ingatlah untuk menggunakan tabir surya.

Jadi setelah mengetahui aturan menggunakan sunscreen, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!