Kriteria Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Cocok untuk Remaja hingga Dewasa
Ilustrasi sunscreen (chezbeate/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memilih sunscreen untuk kulit berminyak tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena bagian dari perawatan kulit. Kondisi kulit berminyak justru akan membuat sunscreen menyumbat pori-pori. Saat itu terjadi maka akan muncul masalah di kulit wajah seperti munculnya jerawat, komedo, atau beruntusan.

Untuk menghindari masalah lebih berat pada kulit berminyak, Anda bisa memilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit.

Kriteria Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Seperti diketahui, sunscreen berguna untuk melindungi wajah dari sinar matahari hingga membantu melembabkan. Berikut ini kriteria sunscreen yang cocok untuk kulit wajah berminyak.

  1. Sesuaikan dengan Aktivitas

Tips pertama yang bisa diterapkan saat memilih sunscreen adalah dengan menyesuaikan aktivitas Anda, apakah di luar ruangan atau di dalam ruangan. Aktivitas tentu akan berpengaruh seberapa banyak minyak akan keluar dari kulit hingga berdampak pada seberapa banyak intensitas cahaya matahari menerpa kulit Anda.

  1. Minimal SPF 30 PA++++

Tips selanjutnya saat memilih sunscreen untuk kulit wajah berminyak adalah memilih Sun Protection Factor (SPF) minimal 30 PA++++. Ukuran SPF sendiri menentukan seberapa jauh sunscreen akan melindungi kulit dari sinar matahari. Ukuran SPF tersebut akan melindugi kulit wajah terutama jika aktivitas dilakukan di dalam ruangan dan sesekali di luar ruangan.

  1. Pilih Tekstur Gel dan Lotion

Memilih tekstur sunscreen gel dan lotion sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak. Perlu diketahui bahwa pori-pori kulit yang mudah berminyak akan mudah pula tersumbat oleh kotoran. Oleh karena itu hindari sunscreen dengan bentuk oily agar minyak tidak semakin banyak.

  1. Sunscreen Jenis Chemical Bisa Jadi Opsi

Anda bisa menggunakan sunscreen jenis chemical karena jenis ini mudah diserap kulit sehingga tak begitu mengganggu kesehatan kulit. Selain itu, jenis ini juga cocok untuk Anda yang mudah berjerawat atau memiliki banyak komedo. Jika perlu tambahkan pula tambahan bahan antiinflamasi agar peradangan yang terjadi karena jerawat dapat teratasi. Beberapa bahan antiinflamasi misalnya aloe vera, niacinamide, dan masih banyak lagi.

  1. Pilih Sunscreen Formula Non-Comedogenic

Selain itu pastikan memilih sunscreen dengan label non-comedogenic atau tak menyumbat pori-pori. Sunscreen jenis ini telah dipastikan secara dermatologis tidak akan menyumbat pori-pori serta tak memperburuk kondisi kulit yang berminyak dan berjerawat.

  1. Gunakan Sunscreen Rekomendasi Pakar Kesehatan Kulit

Cara paling aman memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak adalah berasal dari rekomendasi dokter kulit kepercayaan Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kulit lalu memilihkan produk yang sesuai dengan kondisi kulit.

Disarankan pula untuk mengetahui jenis tabir surya yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV ekstrem untuk melindungi kulit dengan baik.

Selain terkait sunscreen untuk kulit berminyak, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.