5 Minyak Esensial yang Berfungsi Mengatasi Kutikula Kering
Ilustrasi minyak esensial yang berfungsi mengatasi kutikula kering (Freepik/valuavitaly)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kutikula kering lebih mudah terkelopek dan berdarah. Ini juga mempengaruhi keindahan tangan Anda, selain mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah kutikula kering, sejumlah pakar menyarankan mengaplikasikan minyak esensial. Apa saja minyak esensial yang bergungsi mengatasi kutikula kering? Berikut ini daftarnya.

1. Minyak zaitun

Secara alami, kutikula menghasilkan minyak untuk melumasi dan menghidrasi area seputar kuku. Selain berfungsi melembapkan, juga menghalangi potensi iritasi karena kering. Namun apabila kutikula kering, menurut dokter kulit bersertifikat Rina Weimann, MD., FAAD., bisa memakai minyak pengganti. Seperti saran dokter kulit bersertifikat Anna Guanche, MD., dilansir Byrdie, Rabu, 7 Februari, vitamin E membantu melembutkan kutikula.

Dokter kulit bersertifikat Onyeka Obioha, MD., memberi tahu bahwa minyak yang mengandung vitamin E membantu meregenerasi dan memperkuat pertumbuhan kuku. Selain minyak zaitun, bisa juga mengoleskan vitamin E yang dikual dalam kemasan di toko atau dalam bentuk kapsul untuk dicairkan dan diaplikasikan ke sekitar kuku.

minyak esensial yang berfungsi mengatasi kutikula kering
Ilustrasi minyak esensial yang berfungsi mengatasi kutikula kering (Freepik/valuavitaly)

2. Lanolin

Lanolin terkenal karena kemampuannya sebagai emolien untuk membantu pertumbuhan kuku. Lanolin juga digunakan dalam lipbalm dan mengobati putting yang sakit krena menyusui. Anda bisa menemukan minyak ini di apotek terdekat.

3. Minyak alpukat

Guanche menyukai minyak alpukat sebagai pelembap kutikula karena alami dan organik. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengatasi kekeringan kutikula. Dia mencatat, bahan ini mungkin mudah ditemukan di dapur. Frekuensi memakainya, bisa dipakai setiap kali mencuci tangan.

4. Minyak kelapa

Sama seperti minyak alpukat, minyak kelapa juga mungkin tersedia di dapur Anda. Minyak ini selain baik untuk rambut dan perawatan kulit, juga bermanfaat untuk kuku. Wiemann mengatakan, minyak kelapa tidak hanya menghidrasi tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

5. Asam hyaluronic

Asam hyaluronic mungkin termasuk serangkaian perawatan kulit Anda. Bahan ini membantu kulit terhidrasi dan juga bermanfaat untuk kutikula serta kuku. Obioha menjelaskan, asam hyaluronic efektif menghidrasi kutikula dan kuku. Karena ini bukan minyak esensial, artinya lebih mudah diaplikasikan.

Itulah kelima minyak esensial dan bahan lain yang membantu mengatasi kutikula kering. Selain itu, bahan di atas juga membantu kulit tumbuh indah dan mencegah adanya masalah karena kutikula terlalu kering.