Minyak Argan, Rahasia Cantik Wanita Timur Tengah
Ilustrasi minyak argan (Marina Pershina-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Nama minyak argan di Indonesia mungkin tak setenar minyak zaitun. Padahal minyak argan sendiri sudah jadi salah satu rahasia kecantikan para wanita di Timur Tengah, yang membuat kulitnya tampak lembap dan memiliki rambut hitam berkilau. 

Minyak argan berasal dari ekstrak biji pohon argania spinosa, tanaman yang tumbuh di Maroko. Minyak ini mengandung vitamin A, vitamin E, antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoeat. 

Sebenarnya sudah banyak perusahaan kosmetik yang menjadikan minyak argan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk perawatan kulit dan rambut. 

Namun, Anda juga bisa mencari minyak esensial dari argan murni untuk diaplikasikan langsung ke kulit dan rambut. 

Minyak argan terkenal efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan menggunakan minyak argan sebagai pelembap, Anda bisa mencegah terjadinya luka bakar dan hiperpigmentasi atau warna kulit tak merata. Bahkan, bisa digunakan untuk pencegahan kanker kulit melanoma. 

BACA JUGA:


Soal melembapkan wajah, minyak argan memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan larut lemak dan ini bisa membantu menjaga kandungan air dalam kulit. Anda bisa mengaplikasikan satu tetes minyak argan ke wajah setelah mencuci muka dan sebelum tidur. 

Anda juga bisa memanfaatkan minyak argan untuk meregenerasi sel kulit agar selalu tampak cerah dan sehat. Minyak argan bisa dijadikan semacam eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya campurkan dengan satu sendok gula merah lalu oleskan dengan gerakan memutar di wajah. 

Bila memiliki masalah dengan jerawat, Anda bisa menggunakan minyak argan secara rutin. Tenang saja, meski namanya minyak, tak akan membuat wajah berkilau dan tampak basah seharian. Anda malah akan merasakan manfaatnya seperti mencegah dan mengobati jerawat. 

Minyak argan pun dapat membantu penyembuhan luka hingga mengatasi gejala eksem, seperti kulit gatal dan kemerahan. 

Tak hanya perawatan kulit, Anda pun dapat mengoleskan minyak argan ke kuku sebab bisa memperkuat kuku rapuh hingga menghaluskan kutikula. Bahkan, bisa dipakai sampai ke punggung tangan untuk menjaga kelembapan dan mengurangi keriput. 

Untuk rambut, penggunaan minyak argan secara rutin dapat membuat setiap helainya jadi lebih lembut, berkilau, serta dapat memperbaiki rambut bercabang dan masalah ketombe.