Bagikan:

JAKARTA - Argan oil, atau minyak argan, adalah minyak alami diekstrak dari biji pohon argan (Argania spinosa), yang tumbuh endemik di Maroko. Dikenal sebagai "cairan emas" karena warna dan manfaatnya luar biasa, minyak ini telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk setempat merawat kulit dan rambut mereka.

Dalam dunia kecantikan modern, argan oil telah menjadi bahan populer berkat kandungan nutrisinya yang kaya, termasuk vitamin E, asam lemak esensial, dan antioksidan. Kombinasi nutrisi ini menjadikan argan oil sebagai salah satu bahan alami paling efektif dalam perawatan kulit dan rambut. Berikut manfaat argan oil untuk kecantikan wajib Anda ketahui, disadur dari Healthline, Jumat, 30 Agustus.

Mengurangi Tanda-tanda Penuaan Kulit

Minyak argan merupakan bahan populer untuk banyak produk perawatan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan minyak argan dari makanan dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Minyak argan juga dapat mendukung perbaikan dan pemeliharaan kesehatan kulit jika dioleskan langsung ke kulit, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan. Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa minyak argan, baik diminum maupun dioles langsung ke kulit, efektif meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit pada wanita pascamenopause.

Mengobati Beberapa Kondisi Kulit

Minyak argan telah menjadi pengobatan rumahan populer mengobati kondisi kulit meradang selama beberapa dekade, terutama di Afrika Utara, tempat pohon argan berasal. Meski ada bukti ilmiahnya masih terbatas, tapi minyak argan masih sering digunakan untuk tujuan ini.

Namun, penelitian terkini menunjukkan bahwa minyak argan mengandung beberapa senyawa antioksidan dan anti peradangan, yang mungkin menjadi alasan mengapa minyak argan dapat mengobati jaringan kulit.

Melembabkan Kulit dan Rambut

Asam oleat dan linoleat yang menyusun sebagian besar kandungan lemak minyak argan merupakan nutrisi penting menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dalam sebuah penelitian, penggunaan minyak argan secara oral dan topikal dapat meningkatkan kadar air pada kulit wanita pascamenopause.

Meskipun belum ada penelitian secara spesifik untuk kesehatan rambut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak nabati lain dengan profil nutrisi sebanding dapat mengurangi rambut bercabang dan jenis kerusakan rambut lainnya.

Mengatasi dan Mencegah Stretch Mark

Minyak argan sering digunakan untuk mencegah dan mengurangi stretch mark. Meski belum ada bukti kuat bahwa perawatan topikal bisa jadi alat alat efektif mengurangi stretch mark. Namun, penelitian menunjukkan bahwa minyak argan dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang menyatakan keberhasilan dalam menggunakannya dalam mengatasi stretch mark.

Mengatasi Jerawat

Beberapa sumber mengklaim minyak argan sebagai pengobatan efektif jerawat. Meski demikian, senyawa antioksidan dan anti radang dalam minyak argan dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit disebabkan oleh jerawat. Minyak ini juga dapat membantu menghidrasi kulit, penting mencegah jerawat.

Efektif tidaknya minyak argan dalam mengatasi jerawat kemungkinan besar bergantung pada penyebabnya. Jika Anda berjuang melawan kulit kering atau iritasi umum, minyak argan dapat memberikan solusi. Namun, jika jerawat Anda disebabkan oleh hormon, minyak argan bukan jawaban efektif.