Bagikan:

JAKARTA - Minyak argan kaya akan nutrisi yang biasa digunakan dalam perawatan rambut dan produk kosmetik. Diekstrak dari biji pohon argan Maroko yang diperas dingin dan tidak dipanggang, minyak ini terkenal karena manfaatnya luar biasa bagi rambut. Kaya akan asam lemak, vitamin E, dan antioksidan, minyak argan melembabkan dan menutrisi folikel rambut secara mendalam, mendorong pertumbuhan rambut, meningkatkan kilau, dan membuat rambut lebih mudah diatur.

Manfaat Minyak Argan

Minyak argan menghidrasi secara mendalam, memberikan kelembapan intens pada rambut. Minyak ini berfungsi sebagai kondisioner yang sangat baik, khususnya bermanfaat untuk rambut kering dan rusak. Minyak ini memperkuat dan melindungi helaian rambut, mencegah kerusakan dan meningkatkan ketahanan rambut secara keseluruhan. Selain itu, minyak argan bertindak sebagai penghalang pelindung terhadap kerusakan lingkungan, melembutkan rambut kusut, dan menambah kilau sehat, sekaligus meningkatkan elastisitas.

Cara Penggunaannya

Persiapan: Tuang sedikit minyak argan ke tangan Anda dan gosokkan. Agar lebih mudah diaplikasikan, Anda dapat sedikit menghangatkan minyak agar minyak dapat didistribusikan lebih merata ke seluruh rambut. 

Aplikasi: Usapkan minyak secara perlahan ke seluruh rambut dari ujung hingga ujung. Anda juga dapat mencampur minyak argan dengan minyak tambahan lain, seperti minyak kelapa, untuk menyeimbangkan kekentalannya. Oleskan campuran tersebut langsung ke kulit kepala Anda, pastikan minyak terserap ke dalam folikel rambut. 

Durasi perawatan: Biarkan minyak menempel di rambut selama sekitar satu jam, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner yang bagus. Keringkan rambut dengan handuk hingga sedikit lembap.

Apakah Minyak Argan dapat Tingkatkan Pertumbuhan Rambut?

Minyak argan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan t dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan menutrisi rambut dengan kandungan vitamin E-nya. Namun, penting diingat bahwa pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keseimbangan hormon, kesehatan secara keseluruhan, pola makan, dan genetika. Meskipun minyak argan dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat, penting untuk mengatasi semua faktor potensial yang memengaruhi pertumbuhan rambut.

Minyak Argan sebagai Kondisioner

Untuk hidrasi ekstra, minyak argan dapat digunakan sebagai perawatan kondisioner mendalam. Oleskan minyak dalam jumlah banyak ke rambut Anda, sisir dengan lembut agar helaiannya tidak putus. Diamkan minyak selama sekitar 30 menit, lalu cuci rambut dengan sampo dan kondisioner yang diperkaya dengan minyak argan. Akhiri perawatan dengan serum rambut yang mengandung minyak argan untuk melengkapi siklus dan mengunci kelembapan.

Bisakah Rambut yang Sudah Diminyaki Dibiarkan Semalaman?

Ya, Anda dapat mengoleskan minyak argan ke rambut sebelum tidur untuk menutrisi dan menghidrasi rambut secara intensif. Namun, perlu diingat bahwa minyak argan mungkin tidak cocok untuk semua jenis rambut. Mereka yang memiliki rambut berminyak atau halus sebaiknya tidak membiarkan minyak semalaman, karena dapat membuat rambut lebih berminyak. Jika Anda mengalami hal ini, pertimbangkan untuk membiarkan minyak lebih lama atau gunakan minyak argan sebagai perawatan sebelum keramas.