7 Resep Masker Rambut DIY untuk Ragam Permasalahan Rambut dan Kulit Kepala
Ilustrasi (Tim Mossholder/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Semua orang pasti pernah mengalami masalah rambut, mulai dari rambut kering, bercabang, ketombe, rontok, kusam, hingga beruban. Perubahan musim, pengaruh suhu luar dan dalam ruangan, serta efek panas dari alat penataan rambut hanyalah beberapa faktor penyebab kerusakan rambut. 

Tak perlu repot memilih produk perawatan mana yang cocok untuk mengatasi masalah rambut. Karena beberapa bahan di rumah bisa dengan mudah disulap menjadi masker rambut buatan yang tak kalah ampuh mengendalikan kerusakan rambut. Melansir Good Housekeeping, Selasa, 22 Februari, berikut resep masker rambut DIY yang bisa Anda coba buat sendiri.

Masker rambut soda kue

Penggunaan produk perawatan dan penataan rambut secara terus menerus bisa mengakibatkan tumpukan residu produk pada tiap helaian rambut. Penumpukan dapat menyebabkan rambut kusut, berminyak, hingga ketombe. Hilangkan minyak berlebih dan penumpukan residu ini dengan masker rambut soda kue. 

Bahan: Setengah cangkir sampo, 1-2 sendok makan soda kue

Petunjuk: Campurkan sampo dengan soda kue, aduk rata dan tuangkan ke rambut basah. Pijat lembut campuran ke kulit kepala dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas sampai bersih.

Masker rambut minyak kelapa

Masker rambut minyak kelapa berfungsi untuk mengembalikan kelembapan rambut kering dan mencegah rambut bercabang, kusut, dan patah. 

Bahan: 1 sendok makan minyak kelapa.

Petunjuk: Sebelum tidur, hangatkan minyak kelapa dalam microwave, lalu pijat ke rambut basah, hindari akarnya (Ikat helai menjadi sanggul dan atau tutup dengan shower cap). Sampo di pagi hari.

Masker rambut minyak kelapa, gula dan minyak esensial

Masker ini bertujuan untuk membantu hilangkan ketombe. Karena terbuat dari bahan alami, masker ini juga berfungsi ganda sebagai scrub wajah yang baik untuk kulit. 

Bahan: 2 sendok makan minyak kelapa mentah mentah, 4 sendok teh gula mentah, 5 tetes minyak peppermint, 2 tetes tea tree oil. 

Petunjuk: Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran ke bagian dalam rambut menggunakan tangan. Setelah dioleskan secara merata, pijat dengan lembut selama 1-3 menit lalu ikat rambut Anda dan diamkan beberapa menit sebelum mandi.

Gula dalam masker terurai menjadi asam glikolat yang melarutkan sel-sel kulit mati. Minyak kelapa kaya akan asam lemak dan memiliki manfaat anti-inflamasi, minyak peppermint membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala, dan tea tree oil bersifat antijamur, antimikroba, dan antibakteri.

Masker rambut alpukat, madu dan minyak zaitun

Masker rambut alpukat, madu, dan minyak zaitun dirangkai khusus untuk mengatasi rambut kusut akibat penggunaan alat penata rambut yang berlebihan, cat rambut, perawatan kimia.  Asam lemak omega-3 dalam alpukat membantu memperkuat rambut dan menambah kilau. Masker berbahan dasar alpukat juga membantu meremajakan dan melembabkan kulit kepala.

Bahan: Setengah buah alpukat, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu dan 3 tetes minyak esensial pilihan.

Petunjuk: Aduk bahan hingga tercampur sempurna, lalu oleskan ke rambut basah dengan ujung jari Anda, mulai dari bawah dan terus ke atas. Bungkus rambut dengan shower cap. Untuk membantu mengaktifkan bahan-bahannya, keringkan rambut Anda yang tertutup shower cap setelah 10 menit. Biarkan selama 20 menit lagi, lalu keramas.

Masker rambut pisang, madu, telur dan minyak zaitun

Masker ini dapat digunakan bagi mereka yang memiliki masalah rambut rontok. Pisang dan telur kaya akan asam amino sehingga dapat meningkatkan elastisitas, memperkuat dan menambah ketebalan rambut.

Bahan: 2 kuning telur, 2 pisang matang kupas, 2-3 sendok makan madu, setengah cangkir kondisioner, 2 sendok makan minyak zaitun.

Cara Membuat: Blender semua bahan hingga menjadi bubur. Tutup rambut dengan handuk atau shower cap, biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Masker rambut kayu manis dan minyak kelapa

Masker kayu manis dan minyak kelapa cocok bagi mereka yang alami kebotakan. Cobalah masker berbahan dasar kayu manis, bumbu anti-mikroba yang dikenal untuk merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Bahan: Kayu manis dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama.

Petunjuk: Campur bahan dengan baik. Oleskan masker ke akar dan bagian Anda, dan pijat ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 30 hingga 45 menit dan bilas. Gunakan masker ini minimal seminggu sekali.

Masker rambut putih telur dan lemon

Masker rambut putih telur dan lemon ampuh mengatasi rambut lepek dan kulit kepala berminyak. Jika Anda rentan terhadap rambut berminyak, masker telur dapat membawa perubahan. Tetap hanya dengan putihnya, yang memiliki enzim protein yang membantu menghilangkan minyak berlebih.

Bahan: 1 putih telur, air perasan lemon

Petunjuk: Oles masker rambut dari akar ke ujung dan biarkan selama 30 menit hingga satu jam, lebih lama lebih baik. Bilas dengan air hangat.