Mau Perawatan Spa Rambut di Rumah? Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan
Ilustrasi (Dana Tentis/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Perawatan spa rumahan bisa jadi pilihan tepat bersantai setelah menjalani hari sibuk dan melelahkan. Sebagian besar orang mungkin hanya berfokus merawat kulit atau kukunya, padahal rambut juga perlu diperhatikan dan dirawat. 

Jika rambut Anda kering, kasar, kusut, atau rusak, itu berarti Anda perlu memberinya kelembapan ekstra. Perawatan spa rambut di rumah akan menjadi cara sangat bagus untuk bersantai sekaligus memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Setelah itu, Anda mungkin akan terkejut merasakan rambut yang jauh lebih halus dibandingkan sebelumnya.

Dilansir dari Times of India, Selasa, 7 Maret, berikut DIY masker rambut dari bahan-bahan alami dan mudah dibuat untuk spa rambut di rumah.

Masker santan kelapa

Konsumsi buah kelapa selain memiliki manfaat untuk kulit dan mata, rupanya santan kelapa juga bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Santan kelapa cocok digunakan bagi pemilik kulit kering. Caranya, lumuri rambut dengan santan lalu pijat lembut kepala Anda. Jumlah santan yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan panjang rambut. Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas setelahnya dan lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali. 

Masker telur

Untuk rambut sehat dan kuat, Anda bisa menggunakan telur sebagai bahan masker. Campurkan satu butir telur dengan dua sendok teh madu dan dua sendok teh minyak zaitun. Gunakan kuas untuk mengoleskan masker rambut ini ke kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan selama 20 menit dan bilas. Jangan khawatir, bau telur akan hilang setelah keramas.

Masker teh hijau

Jika rambut Anda rontok terus menerus, maka cobalah perawatan spa rambut satu ini. Rambut rontok sering disebabkan oleh kulit kepala yang tersumbat kotoran. Teh hijau akan membersihkan semua partikel kotoran yang menyebabkan kerontokan rambut. Rendam 1-2 kantong teh hijau dalam air panas, dan diamkan selama 5 menit. Kemudian dinginkan air teh hijau tersebut lalu tuangkan ke kulit kepala sambil dipijat lembut. Anda bisa membilas dengan air bersih setelahnya.

Masker kondisioner

Untuk rambut ketombe dan kulit kepala gatal, campurkan bahan-bahan berikut dalam mangkuk. 1 - 2 sendok makan kondisioner rambut, 1 sendok teh minyak zaitun, 1 sendok teh gliserin, dan seperempat sendok teh cuka (ini untuk menambah kilau). Aplikasikan masker ini dari akar hingga ke ujung rambut, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas.

Masker pisang dan minyak zaitun

Cara yang bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi rambut kering, rapuh, dan kusut adalah dengan mencampurkan satu sendok makan kondisioner, setengah buah pisang yang sudah dihaluskan, satu sendok makan air perasan lemon, satu sendok teh minyak zaitun, 2 sendok makan dadih keju, dan 2-3 tetes minyak esensial lavender. Campur semua bahan ini untuk membuat masker. Diamkan selama 20 menit lalu bilas. Rambut Anda akan halus dan berkilau secara instan.

Masker lidah buaya dan minyak zaitun

Masker rambut yang efektif membuat rambut jadi halus dan berkilau adalah dengan mencampurkan 1 buah pisang, 1 sendok teh gel lidah buaya, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Haluskan bahan bersama-sama dalam mixer hingga jadi pasta. Oleskan secara merata ke rambut dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Masker air beras

Air beras sangat baik menghilangkan kelebihan minyak dan ketombe pada rambut. Cukup gunakan setelah memakai sampo atau kondisioner, bisa sekali sehari atau seminggu sekali. Saat memakai air beras, cobalah untuk benar-benar fokus pada kulit kepala saja. Biarkan selama dua hingga lima menit, lalu bilas.