4 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rusak Akibat <i>Smoothing</i>
Ilustrasi (Tamara Bellis/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak sedikit wanita di dunia ini yang menginginkan rambut lurus dan berkilau. Biasanya, wanita yang sejak lahir dianugerahi model rambut keriting atau bergelombang akan tergoda untuk meluruskan mahkotanya di salon kecantikan. Hair smoothing atau teknik meluruskan rambut ini tidak hanya dilakukan semata-mata demi mendapatkan rambut lurus idaman, tetapi smoothing rambut juga berfungsi membuat rambut seseorang lebih rapi karena dapat menghaluskan rambut keriting.

Hair smoothing sendiri pada dasarnya tidak bersifat permanen. Teknik meluruskan rambut ini hanya dapat bertahan 4 sampai 5 bulan saja. Hasilnya yang tampak alami pun membuat para wanita pemilik rambut keriting rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan hasil smoothing terbaik di salon ternama. Meski efek lurus dan berkilau dari smoothing hanya bertahan dalam jangka waktu sebentar, tahukah Anda akan timbulnya kerusakan rambut jika terus menerus melakukan smoothing? Agar sehat seperti semula, berikut trik mengatasi rambut rusak akibat smoothing.

Gunakan masker rambut tiga kali sehari

Dalam waktu satu minggu, cobalah buat jadwal sebanyak 3 kali secara rutin untuk melakukan hair mask sendiri di rumah. Gunakan masker khusus yang diformulasikan untuk rambut rusak, sehingga dapat mengunci kelembapan di setiap helai rambut. Jika setiap minggu Anda rajin melakukan masker rambut, maka rambut yang semula bercabang dan rapuh akan kembali berkilau serta lembut secara alami. Adapun bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai masker rambut di rumah, yaitu campuran daging buah alpukat, madu, telur, dan minyak zaitun.

Rajin gunakan vitamin rambut

Akibat dari paparan bahan kimia smoothing yang membuat rambut kering dan cepat rontok, Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah tidak pernah lupa memberi vitamin atau serum pada rambut bermasalah. Saat ini, sudah banyak vitamin rambut dari berbagai merek lokal maupun luar negeri yang menawarkan perawatan bak salon bintang lima. Cukup pakai vitamin rambut setiap selesai mandi, maka dalam jangka waktu beberapa bulan kemudian rambut Anda perlahan akan kembali seperti semula.

Gunakan sampo dan kondisioner khusus

Dalam perawatan sehari-hari, gunakanlah sampo dan kondisioner khusus rambut rusak akibat smoothing ketika sedang mandi. Merupakan perawatan paling dasar, kini sudah banyak merek sampo yang memberi perawatan pada rambut yang rusak parah. Supaya perawatan awal ini lebih maksimal, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner yang tepat sesuai dengan keadaan rambut yang sedang dialami.

Jangan terlalu sering menguncir rambut

Kebiasaan menguncir rambut dapat menyebabkan rambut semakin rusak. Sebaiknya, biarkan dulu rambut terurai bebas setiap hari ketika sedang dalam masa perawatan. Sebab, jika terlalu lama menguncir, maka akan memberikan tekanan berlebihan pada akar rambut sehingga memicu kerontokan hingga menyebabkan kebotakan dini.