Penggunaan Minyak Esensial Pada Rambut Bisa Bantu Hilangkan Ketombe, Benarkah?
Ilustrasi (doTERRA International, LLC/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika bicara tentang masalah rambut, salah satu masalah paling umum yang jadi perhatian banyak orang adalah ketombe. Hampir semua orang setidaknya pernah sekali bermasalah dengan ketombe. Kulit kepala kering dan kurangnya perawatan rambut dapat menyebabkan ketombe. 

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe yang bisa diterapkan di rumah. Dan melansir Times of India, Kamis, 9 Maret, metode terbanyak dilakukan banyak orang di India yaitu dengan mengoleskan minyak esensial pada rambut.

Meski begitu, tentu saja kebanyakan orang pasti enggan mengoleskan minyak pada rambut  saat berketombe. Ini merupakan hal logis, mengingat kulit kepala berminyak jadi faktor pendukung munculnya ketombe. Selain itu, jika minyak bercampur dengan sel kulit mati dan kotoran, bisa membuat kulit kepala semakin gatal.

Cosmetologist Kiran Bhatt dan Junoesque Clinique menyebutkan bahwa ada dua faktor pertimbangan penting dalam memanfaatkan minyak esensial sebagai penghilang ketombe yang efektif. Pertama, penggunaan minyak esensial akan efektif menghilangkan ketombe hanya jika digunakan dua kali dalam seminggu, bukan tiap hari. Kedua, pastikan Anda memilih minyak dengan kandungan tepat untuk mengatasi ketombe. Sebab dengan bahan pas dapat mencegah kulit kepala kering penyebab ketombe serta meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Rekomendasi minyak esensial untuk rambut berketombe yaitu tea tree oil, geranium oil, peppermint oil, dan rosemary oil.

Ketombe ringan bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kulit kepala kering dan reaksi buruk kulit kepala terhadap penggunaan produk rambut. Namun, pada kondisi lebih parah ketombe bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik, yakni peradangan kulit kronis disebabkan oleh perubahan jamur dan hormon. 

Ketombe adalah kondisi umum dan menyebabkan kulit kepala mengelupas. Meski tidak menular atau serius, tapi memiliki ketombe dapat membuat seseorang jadi kurang percaya diri akan penampilannya. Ketombe ringan dapat diobati dengan sampo harian lembut atau minyak esensial. Jika tidak berhasil, sampo dengan kandungan obat khusus dapat membantu.