Cara Cepat Tumbuhkan Rambut Sehat dan Kuat
Ilustrasi (Lukas Bester/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa, yang tidak ingin memiliki rambut sehat berkilau? Namun padatnya aktivitas, polusi udara, dan pola hidup yang kurang sehat berpotensi merusak rambut. Masalah pun mulai bermunculan seperti kerontokan, kusam, hingga ketombe.

Dari sederet masalah yang mengancam kesehatan rambut, kerontokan jadi momok paling ditakuti. Tak terbayangkan jika rambut mulai menipis di usia muda dan terancam mengalami kebotakan dini. Jika Anda mulai mengalami kerontokan rambut ringan, tidak perlu khawatir lagi. Berikut VOI melansir Healthline, Jumat, 23 Desember, membagikan cara cepat tumbuhkan rambut sehat dan kuat.

Hindari diet ketat

Menurut Dr. Lindsey Bordone, seorang dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut tentu tidak bisa dihindari. Namun, Anda bisa melakukan pencegahan  agar pertumbuhan rambut nantinya tidak terganggu. Salah satunya yaitu dengan tidak melakukan diet ketat. Sebab diet ketat dapat menurunkan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Penuhi asupan protein

Jika diet yang Anda jalani sangat ketat, maka ambut tidak akan tumbuh secara optimal dan kerontokan dapat terjadi. Makan makanan seimbang dengan asupan protein cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Umumnya, pada ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi 50 gram protein atau lebih per hari.

Coba produk dengan kandungan protein

Kafein dapat memberi dorongan energi dan penggunaan secara topikal telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam produk topikal, seperti sampo dan kondisioner dapat mencegah kerontokan rambut seefektif perawatan berbasis obat. Kafein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang metabolisme dan proliferasi sel.

Lakukan pijatan kepala

Massage kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Tapi, menurut penelitian kecil yang dilakukan tahun 2016, massage ini juga berfungsi membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Aplikasikan antioksidan ke kulit kepala 

Studi klinis menunjukkan bahwa mengaplikasikan antioksidan pada kulit kepala dapat secara signifikan mampu mengurangi kerontokan rambut dan memperbaiki kondisi kulit kepala. Dalam satu studi yang dilakukan selama 8 minggu, wanita yang menggunakan sampo atau perawatan kulit kepala tanpa bilas yang mengandung antioksidan piroctone olamine secara signifikan meningkatkan jumlah rambut dan memperbaiki kondisi kulit kepala dibandingkan wanita yang menggunakan sampo dengan formulasi plasebo.