Kiat Menumbuhkan Rambut dengan Cepat Tanpa Bantuan Hair Product
Ilustrasi (Deepak Sethi/iStockphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Butuh waktu lama untuk memanjangkan rambut. Rata-rata, rambut tumbuh sekitar enam inci setiap tahun, menurut The American Academy of Dermatology Association. Tapi, seringkali pertumbuhan ini tidak maksimal, terutama jika rambut Anda gugur 50-100 helai setiap hari.

Meski begitu, Anda bisa mengubah aspek-aspek tertentu dari aktivitas perawatan rambut sehari-hari untuk memanjangkan rambut lebih cepat. Entah itu menggunakan sisir rambut yang berbeda, menyesuaikan seberapa sering Anda menggunakan pengering rambut, menambahkan makanan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat, atau penggunaan vitamin rambut tertentu, selalu ada rahasia untuk menumbuhkan rambut lebih cepat di rumah.

Melansir Good Housekeeping, Selasa, 15 Maret berikut serangkaian tipsnya.

Rajin dipotong

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi jika Anda ingin rambut panjang yang benar-benar sehat, Anda perlu memangkasnya secara teratur. "Meski memotong rambut tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat, tapi cara ini bisa menghilangkan ujung bercabang yang merusak rambut Anda," jelas Michael Dueñas, penata rambut selebriti untuk Aloxxi di Los Angeles. "Menghilangkan kerusakan bisa membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat."

Makan makanan yang tepat

Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya bergantung pada produk yang dipakai untuk rambut, tapi juga tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh. "Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda perlu 'memberi makan' rambut dari dalam," jelas Francesca Fusco, M.D., seorang dokter kulit di NYC. Jadi makanan apa yang membuat rambut tumbuh lebih cepat? Yang tinggi protein, termasuk daging dan sumber lainnya. "Cobalah meningkatkan asupan protein Anda dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian," saran Dr. Fusco.

Bahkan jika Anda bukan pecinta daging, Anda tetap harus menjaga pola makan tinggi protein untuk pertumbuhan rambut. Wanita yang tidak mendapatkan cukup protein sering mengalami "lebih banyak kerontokan rambut," kata Dr. Fusco. Selain makanan tinggi protein, vitamin A, C dan E, mineral seperti seng dan zat besi dan asam lemak omega-3 juga berkontribusi menyehatkan rambut.

Konsumsi multivitamin setiap pagi

Jika diet tidak memberi nutrisi yang cukup, suplemen bisa membuat perbedaan besar. "Carilah multivitamin yang diformulasikan dan diberi label 'untuk rambut, kulit, dan kuku'," saran Dr. Fusco. "Mereka mengandung vitamin penting seperti biotin dan C dan B yang dapat mendukung kesehatan rambut."

(Ali Pazani/Unsplash)

Sisir rambut secara teratur

Tidur dengan rambut yang tidak disisir mungkin tampak menggoda saat Anda lelah, tetapi memberikan beberapa sapuan cepat pada rambut berdampak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan. "Mulai dari kulit kepala, gunakan sisir dengan bulu lembut untuk mendistribusikan minyak di kulit kepala secara merata ke rambut,  sehingga tetap lembab secara alami," saran Meri Kate O'Connor, pewarna senior di Tabb & Sparks Salon di Santa Monica, CA.

Mandi dengan air dingin

Mandi air panas dapat membuat kulit dehidrasi dan juga membuat rambut kasar. "Keramasalah dengan air dingin," saran Paves dan berikan sedikit perhatian ekstra pada kulit kepala. Pijat dengan jari-jari saat keramas untuk menghilangkan kotoran secara mendalam dan membantu meningkatkan sirkulasi.