7 Saran Merawat Rambut dari Hairstylist Buat Kamu yang Mau Punya Rambut Kece
Ilustrasi (Element5/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rambut yang lembut, indah, dan subur tentu jadi impian semua orang. Tetapi mahkota yang sehat tak didapat dengan cara instan. Setiap orang perlu tahu cara merawat rambut.

Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya hanya telaten. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur.

Berikut ini VOI tampilkan aneka saran merawat rambut dari hairstylist dinukil dari Reader’s Digest, Kamis, 27 Juli.

Minimalkan shampo untuk mempertahankan warna rambut

Menurut pewarna rambut selebriti Sharon Dorram, pemilik Sharon Dorram Color di Sally Hershberger NYC. Kunci mempertahankan rambut yang diwarnai ada pada frekuensi waktu keramas.

“Meski pewarna Anda bersifat permanen, sampo plus air masih bisa menghilangkan beberapa warna dari kutikula rambut ,” kata Dorram.

Penelitian menunjukkan bahwa sampo berbahan dasar sulfat, khususnya, dapat menyebabkan warna memudar lebih cepat. Saat keramas, pilih sampo bebas sulfat dan gunakan air dingin. Atau gunakan shower cap untuk melindungi rambut dari air jika tidak keramas.

Menjinakkan rambut yang sulit diatur dengan hairspray

Jika Anda mengira serum bisa menjinakkan rambut yang sulit diatur, maka Anda salah. Serum bagus membantu mengatasi rambut kusut secara umum. 

“Tapi nyatanya, rambut kusut berbeda dengan rambut yang sulit diatur,” kata MariLynne Cosmillo, penata rambut profesional di New York dan pendiri lini perawatan rambut HOURS. 

"Serum menyehatkan, tetapi tidak cukup baik mengatasi rambut membandel. Di sisi lain, hairspray bisa melakukannya” terang Cosmillo.

“Semprotkan hairspray medium-hold langsung ke ujung jari, lalu ratakan dengan lembut,” saran Cosmillo. 

Mengaplikasikan hairspray dengan cara ini dan menata rambut sesuai dengan gaya yang diinginkan akan menyelesaikan masalah.

Rambut tipis, pilih jenis potongan bob agar lebih bervolume

Jika memiliki rambut tipis, Anda mungkin mencari cara menambahkan sedikit volume pada rambut. Dan potongan bob adalah jawabannya.  Model bob membuat rambut terlihat lebih tebal. Buat potongan dengan panjang tepat di atas bahu. Memotong ujungnya dengan bentuk potongan tajam dan bersudut akan membuat semua rambut Anda berhenti di titik yang sama dan menciptakan ilusi lebar.

Lindungi rambut ikal di musim panas

Lembabnya musim panas tidak selalu cocok untuk rambut ikal, kata penata rambut Niani B., pemilik Beauté Anthologie di Detroit. Panas memperluas kutikula rambut, yang dapat menyebabkan ikal dan gelombang menjadi tidak berbentuk. Gunakan semprotan pelindung panas saat lembab agar ikal Anda tetap utuh. 

Semprotan ini pada dasarnya menciptakan perisai untuk rambut dengan membuat rambut tetap halus dan membuat ikal tahan lebih lama. Gunakan setiap hari dengan cara cukup semprotkan sedikit ke rambut lembap sebelum ditata atau pada rambut kering jika Anda tidak menggunakan alat penataan rambut.

Rawat rambut kering dengan vitamin

Vitamin E merupakan kunci perawatan rambut kering. Sebagai antioksidan, vitamin E membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. 

Buka kapsul minyak vitamin E, bisa jenis yang biasa Anda konsumsi. Usap ke rambut Anda dan biarkan semalaman. Helai rambut Anda akan menyerap minyak dan Anda akan bangun dengan rambut berkilau, lebih kuat, dan elastis.

Lembabkan rambut saat dikepang

Jika Anda memiliki rambut bertekstur, tebal, atau halus, penata rambut selebriti Myss Monique mengatakan bahwa rahasia kepang dan cornrows terbaik adalah melembutkan dan melembabkan helai rambut dengan pelembab yang menutrisi saat dikepang.

Gunakan jari untuk mengoleskan sedikit hair butter ke rambut, pijat sebentar saat mengoleskannya. Proses ini bertujuan mengurai dan melemaskan rambut, membantu menghindari kerusakan dan menambah kilau indah pada kepangan.

Gunakan masker rambut secara cepat

Biasanya, menggunakan masker rambut membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 2o menit. Menurut Cosmillo, hanya dua menit waktu yang cukup untuk membiarkan masker yang bagus melakukan tugasnya.

“Anda dapat mengubah rambut menjadi lembut, halus, dan berkilau dalam beberapa menit, lalu langsung mengeringkan dan menata rambut,” katanya. 

Gunakan saja sebagai pengganti kondisioner yang biasa Anda gunakan saat mandi setiap beberapa minggu saat Anda membutuhkan hidrasi ekstra. Masker rambut bekerja dengan cepat dan membantu memperbaiki kondisi rambut rusak.