Bagikan:

YOGYAKARTA – Rambut lembap dan berkilau sulit diperoleh apabila mahkota ini terpapar polusi dan tidak dirawat dengan tepat. Penata rambut dan ahli memberikan rekomendasi cara merawat rambut supaya tetap lembap dan berkilau seperti berikut ini.

1. Bilas dengan air dingin

Lapisan luar rambut memiliki kutikula. Semakin lapisan luarnya tidak rata, semakin terserap cahaya ke dalam rambut. Ini membuat rambut tampak kusam. Saat Anda lebih sering berada di ruangan ber-AC, penata rambut profesional Mark Townsend merekomendasikan saat memakai kondisioner pakai air hangat untuk membuka kutikula dan nutrisi dalam kondisioner terserap optimal. Setelah memakai kondisioner, bias rambut dengan air dingin guna menutup kutikula dan membiarkan rambut tetap lembap bercahaya.

2. Pakai kondisioner tanpa bilas

Memakai kondisioner bersamaan dengan saat keramas tidak perlu dilakukan terlalu sering untuk mendapatkan rambut tetap lembap berkilau. Terkadang kondisioner dengan tekstur berat justru membuat rambut tampak kusam dan lepek. Jadi, bisa dipertimbangkan memakai kondisioner tanpa bilas yang targetnya membantu melembapkan sekaligus menghaluskan kutikula rambut. Saran Townsend dilansir RealSimple, Selasa, 7 Mei, jangan buang-buang produk dan cukup gunakan kondisioner tanpa bilas setelah mandi.

cara merawat rambut supaya tetap lembap dan berkilau
Ilustrasi cara merawat rambut supaya tetap lembap dan berkilau (Freepik/8photo)

3. Fokus memakai produk ramah kulit kepala

Hindari memakai hairspray atau spray untuk rambut mengkilap, kata penata rambut selebriti Clariss Rubenstein. Kecuali Anda memakai spray yang ramah dengan kulit serta kulit kepala, misalnya yang mengandung asam hialuronat.

4. Hindari bahan berbahaya

 Penting sekali membaca label setiap produk yang Anda gunakan untuk perawatan rambut. Mulai dari sampo, kondisioner, hingga produk penataan rambut lainnya. Paling penting, hindari produk perawatan dan penataan rambut yang mengandung sulfat. Bahan ini berdampak buruk pada rambut karena menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya kusam. Paling baik, pilih produk yang mengandung biotin, kolagen, dan vitamin B untuk kesehatan rambut serta kulit kepala.

5. Bilas pakai cuka sari apel

Penumpukan pemakaian produk pada rambut, tidak akan membuat rambut lebih baik. Menurut Maria Elizabeth, semua penumpukan itu menyumbat folikel rambut dan mencegah kulit kepala memproduksi minyak alami yang penting untuk rambut berkilau. Jika rambut terlihat kusam dan sulit ditata dengan baik, cobalah keramas beberapa kali dengan bilas cuka sari apel. Ini membantu menghilangkan semua penumpukan produk berlebih, mengangkat polutan dari rambut, dan mengatur ulang kulit kepala.

6. Rawat dengan minyak rambut

Kerusakan adalah penyebab rambut kusam nomer satu. Saat helaian rambut rusak, terutama karena panas atau bahan kimia keras, helai rambut akan mudah patah dan tak memantulkan cahaya. Untuk mengembalikan kelembapan rambut, Anda bisa mengoleskan minyak rambut. Minyak rambut membantu menutup kutikula dan membuat rambut kembali memantulkan cahaya. Penting dicatat, Townsend menyarankan mulailah dengan jumlah sedikit. Lakukan beberapa kali seminggu saja.

7. Memakai sarung bantal sutra

Terlepas dari perawatan yang tepat, alas kepala saat tidur juga memengaruhi kecantikan rambut. Sarung bantal sutra, membantu menjaga tingkat kilap rambut. Jelas Elizabeth, sutra lebih sedikit gesekan pada rambut saat dipakaikan pada bantal tidur. Ini memengaruhi rambut sehingga membuatnya tampak lebih halus serta sehat pada pagi hari.

Itulah tujuh cara merawat rambut supaya tetap lembap dan berkilau. Adakah cara yang Anda lakukan sehari-hari untuk merawat rambut sehat dan indah?