5 Manfaat Sampo yang Mengandung Kafein untuk Rambut dan Kulit Kepala
Ilustrasi manfaat kafein untuk rambut dan kulit kepala (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Produsen sampo yang mengandung kafein, mengklaim bahwa produknya membantu merangsang pertumbuhan rambut. Menurut penelitian, sampo berkafein dapat meresap ke dalam kulit dan mencapai folikel rambut, sehingga memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Di samping membantu merangsang pertumbuhan rambut, berikut manfaat lain dari sampo yang mengandung kafein.

1. Bersifat vasodilatasi

Menurut dokter kulit bersertifikat Ava Shamban, MD., kafein dalam sampo bersifat vasodilatasi. Artinya, membuka pembuluh darah pada kulit kepala sehingga memungkinkan kandungan bermanfaatnya terserap dengan baik. Namun Shamban mengingatkan, konsentrasi kafein harus cukup rendah supaya aliran darah tetap terbuka tanpa berpengaruh sebaliknya. Apalagi jika keramas menggunakan sampo berkafein dengan dipijat lembut, akan merilekskan.

manfaat kafein untuk rambut dan kulit kepala
Ilustrasi manfaat kafein untuk rambut dan kulit kepala (Freepik/HelloDavidPradoPerucha)

2. Meningkatkan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut

Sampo kafein membawa oksigen dan nutrisi ke folikel tempat kantung rambut menumbuhkan protein keratin. Melansir Byrdie, Selasa, 9 April, saat meresap ke kulit kepala, kafein membantu meningkatkan sirkulasi, sehingga kesehatan kulit kepala dan folikel meningkat.

3. Meningkatkan pertumbuhan rambut baru

Beberapa penelitian menunjukkan, sampo berkafein membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini karena dapat merangsang batang rambut dan mendukung protein keratin merangsang fase anagen pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa cairan topikal berbahan dasar kafein tidak boleh lebih rendah dibandingkan larutan minoxidil 5% atau bahan aktif dalam Rogaine. Ini karena kemampuan kafein melawan DHT, produk sampingan dari testosteron yang diyakini berkontribusi terhadap kerontokan rambut.

4. Memulihkan rambut rusak karena sinar UV

Kulit kepala dan rambut akan rusak jika terpapar sinar UV dari sinar matahari. Penelitian menemukan, meskipun radiasi UV menyebabkan kerusakan folikel rambut, kafein topikal dapat membantu meringankan efeknya.

5. Meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut

Dioleskan secara topikal melalui sampo dan dipijat ke dalam dermis, kafein membantu merangsang batang rambut, kata Shamban. Efeknya, akar rambut lebih sehat, aktif, dan memanjang sehingga rambut bisa tumbuh tebal serta kuat. Secara keseluruhan, Shamban mengatakan bahwa pengaplikasian kafein secara teratur pada folikel rambut melalui sampo, kondisioner, atau perawatan rambut lainnya dapat membantu penampilan, kepadatan, dan elastisitas rambut.

Meski sampo mengandung kafein bermanfaat baik untuk rambut dan kulit kepala, bagi pemilik kulit sensitif perlu waspada. Sebab harus melakukan uji tempel terlebih dahulu untuk mencegah iritasi.

Terkait