Manfaat dan Tips Penggunaan Asam Salisilat untuk Rambut, Ampuh Hilangkan Ketombe
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Usai keramas, rambut akan terasa segar dan bersih. Kotoran, debu, hingga keringat langsung hilang usai dibersihkan dengan sampo. Meski begitu Anda tetap harus memperhatikan kandungan di dalam sampo.

Ada beberapa sampo yang mengandung bahan penyumbat kulit, seperti silikon dan sulfat yang menjadi pemicu sejumlah masalah di rambut. Misalnya meninggalkan residu yang membatasi sirkulasi darah ke folikel rambut hingga mencegah pertumbuhan rambut sehat dan kuat.

Anda dapat memilih sampo dengan kandungan asam salisilat. Kandungan yang ampuh melawan jerawat ini juga berkhasiat baik untuk kesehatan rambut Anda. Asam salisilat adalah sejenis exfoliant kimia yang disebut beta-hydroxy acid (BHA) yang membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel-sel mati dari permukaan kulit. 

BHA memiliki sifat larut dalam minyak. Itu artinya BHA dapat menghilangkan minyak permukaan apapun hingga yang terjauh di dalam pori-pori. Untuk alasan ini, asam salisilat adalah pilihan utama untuk memerangi jerawat dan minyak berlebih pada kulit. Dan karena kulit kepala memiliki sifat yang sama dengan kulit wajah. Maka asam salisilat bisa digunakan di kulit kepala terutama bagi yang rentan terhadap ketombe, dermatitis seboroik, dan minyak berlebih. 

Perawatan rambut dengan sampo asam salisilat sama saja dengan penggunaan sampo konvensional lainnya, tergantung dengan preferensi dan kebutuhan. Untuk gangguan kulit kepala seperti dermatitis seboroik dan psoriasis, disarankan menggunakan sampo berbahan dasar asam salisilat dan serum topikal. Gunakan satu hingga tiga kali seminggu, tergantung pada masalah kulit kepala dan seberapa sering Anda mencuci rambut.

Selain itu, gunakan juga scrub khusus untuk kulit kepala. Tidak seperti scrub wajah, scrub kulit kepala diformulasikan dengan tekstur yang lebih halus sehingga cocok dipakai di kulit kepala. Terakhir, setelah menggunakan scrub oleskan kulit kepala dengan cairan serum khusus yang berfungsi meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengatasi masalah kulit kepala sesuai dengan yang dialami.