Punya Jerawat di Punggung, Ini Trik Menghilangkannya
Iustrasi (Anton Checkotin/Istockphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Kemunculan jerawat di punggung bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor hormon, genetik, kebersihan, hingga konsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul di area punggung, namun, pastikan sebelum Anda mengatasinya, Anda mengetahui lebih dahulu apa yang menjadi akar penyebab jerawat tersebut agar penanganan yang dilakukan pun sesuai dengan kebutuhan. Simak tips atasi jerawat di punggung berikut ini, menyadur Healthline, Selasa, 12 Juli.

Mandi setelah berolahraga

Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit Anda setelah berolahraga bisa menjadi penyumbang besar jerawat punggung. Mandi sesegera mungkin setelah berolahraga. Jangan lupa cuci bersih baju olahraga untuk memastikan bakteri di pakaian hilang.

Eksfoliasi

Gunakan scrub eksfoliasi yang lembut dengan kandungan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Rajin eksfoliasi juga dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Kenakan pakaian yang longgar

Pakaian ketat dapat membuat punggung ditumbuhi jerawat karena menutup pori-pori. Semakin sering Anda menggunakan pakaian ketat maka semakin besar juga peluang untuk jerawat tumbuh. Agar lebih aman dan nyaman gunakan pakaian longgar untuk mengantisipasi.

Gunakan tea tree oil

Tea tree oil merupakan tanaman khas Australia. Tanaman ini sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai masalah kulit. Saat ini, Anda dapat menemukan banyak lotion, pembersih, dan krim yang menggunakan bahan tersebut. Tea tree lotion dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jauhkan rambut dari punggung

Rambut panjang dapat menambah minyak dan kotoran ke kulit punggung. Sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Cuci rambut Anda secara teratur dan ikat dalam bentuk sanggul atau kuncir kuda saat berkeringat.

Jangan biarkan kondisioner atau sampo mengalir di punggung Anda. Bahan-bahan dalam produk ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Konsumsi makanan sehat

Pola makan tidak sehat dapat memengaruhi tubuh dalam berbagai cara. Jika Anda rentan terhadap jerawat, makanan tertentu bisa menjadi pemicunya. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi indeks glikemik (GI), dapat memperburuk jerawat. Makanan ini termasuk roti, pasta, nasi putih, dan kentang.