Perlukah Kondisioner Diaplikasikan Pada Rambut Setiap Keramas?
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rambut membutuhkan perlindungan dan perawatan ekstra dari berbagai tekanan lingkungan seperti polusi, debu, dan panas. Setiap Anda keramas menggunakan sampo, kotoran di kulit kepala memang menghilang.

Namun sampo juga bisa membuat rambut Anda kasar dan kusam. Oleh karena itu, penggunaan produk pasca keramas atau yang disebut kondisioner sangatlah penting. Kondisioner dipercaya sebagai produk perawatan rambut yang ampuh melindungi rambut dari kerusakan.

Dilansir dari Times of India, Jumat, 27 Januari, para ahli mengatakan bahwa kondisioner adalah bahan pelembab yang terbuat dari bahan-bahan seperti emolien dan silikon. Bahan ini berfungsi mengisi kembali kelembapan rambut, menghaluskan ujungnya, dan melembutkan tiap helai rambut. Tapi apakah Anda membutuhkan kondisioner setiap kali keramas? Para ahli mengatakan iya, sebab kondisioner memberikan banyak manfaat bagi rambut seperti;

Mengurangi ujung bercabang

Saat dalam kondisi rapuh dan kering, rambut mulai membelah dan membentuk ujung bercabang. Akibatnya, pertumbuhan rambut jadi terhambat. Penggunaan kondisioner akan meminimalkan masalah ini dan melindungi rambut Anda agar tidak patah. Selain itu, kondisioner juga bisa menghaluskan, memelihara dan meremajakan helai rambut Anda.

Menambah kilau dan menghaluskan

Manfaat utama kondisioner adalah memberikan kilau yang signifikan dengan memperkaya dan menutrisi rambut secara mendalam. Ini dilakukan dengan bahan pelembab yang terkandung dalam kondisioner. Senyawa tersebut memperbaiki tiap helai rambut dan mencegah rambut menjadi kusut dan kering.

Melembabkan rambut

Para ahli mengatakan, keramas secara teratur akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala Anda. Jika minyak alami dari kulit kepala berkurang, maka besar kemungkinan rambut bisa kering. Untuk itu, kondisioner membantu mengurangi kekeringan dan melembabkan helai rambut dari dalam.

Mencegah rambut dari kerusakan

Kondisioner menghidrasi kulit kepala, mengurai rambut kusut, dan membuatnya mudah disisir. Dengan demikian, rambut akan tumbuh lebih sehat dan kuat. Para ahli berpendapat bahwa kondisioner mencegah rambut dari kerusakan yang tidak diinginkan dan mencegah rambut rontok.

Berfungsi sebagai penghalang pelindung

Kondisioner pun amat penting digunakan bagi Anda yang suka mewarnai rambut atau sering berenang di air yang mengandung klor. Kondisioner menyelamatkan helai rambut Anda dengan membentuk lapisan pelindung atau penghalang. Selain itu, lapisannya tidak membuat warna rambut Anda cepat pudar.