Sebab Pusing Setelah Minum Kopi dan Cara Meredakannya
Ilustrasi kopi pagi hari (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda merasa pusing setelah minum kopi? Kondisi tersebut bisa dipicu karena berbagai hal, baik karena alasan kesehatan maupun karena dari sisi jenis kopinya. Untuk mengetahuinya, simak artikel berikut ini.

Sebab Pusing Setelah Minum Kopi

Dikutip dari AI Care, minuman kopi mengandung kafein, yakni senyawa alami yang bersifat stimulan. Kafein berguna untuk merangsang sistem saraf pusat hingga meningkatkan waspada dan konsentrasi. Kopi juga kerap dimanfaatkan untuk membantu fokus dan terjaga.

Meski memiliki beberapa manfaat baik, kadang minum kopi justru menimbulkan rasa pusing. Beberapa penyebab muncul pusing setelah minum kopi adalah sebagai berikut.

  1. Jenis Kopi Tertentu

Jenis kopi dengan kafein terlalu kuat juga memicu pusing. Salah satu jenis kopi dengan kafein tinggi adalah Arabika yang memiliki tingkat asam tinggi. Asam dan kafein pada kopi Arabika akan menyebabkan gangguan saraf di kepala dan memicu sakit lambung.

  1. Penyempitan Pembuluh Darah

Kafein yang terkandung pada kopi menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Saat itu terjadi, aliran darah akan berubah dan menimbulkan saki kepala. Penyempitan sendiri dikarenakan seseorang cukup sensitif dengan kafein atau bisa juga karena jenis kafein tertentu.

  1. Asupan Kopi Terlalu Banyak

Kopi memang bisa dikonsumsi, namun tetap dalam jumlah terbatas. Artinya Anda tidak disarankan terlalu banyak minum kopi dalam sehari. Batas minum kopi dalam sehari idealnya adalah empat gelas atau 400 mg kafein pada orang dewasa sehat. Sedangkan pada wanita hamil, kopi dibatasi maksimal 200 mg kafein per hari. Seseorang yang mengonsumsi kopi terlalu banyak akan berdampak pada gangguan kesehatan salah satunya muncul rasa pusing.

  1. Tak Biasa Minum Kopi

Kebiasaan minum kopi juga akan memberi dampak pusing setelah minum kopi. Hal itu dipicu karena tubuh masih sangat sensitif pada kafein, terutama jika kopi yang diminum cukup banyak dengan kandungan kafein kuat.

  1. Dehidrasi

Kafein pada minuman punya efek diuretik sehingga peminum akan sering buang air kecil. Banyaknya urin yang terbuang menyebabkan dehidrasi hingga memicu rasa pusing. Oleh karena itu saat Anda minum banyak kopi disarankan untuk mengimbanginya dengan air putih agar cairan tubuh tetap tercukupi.

  1. Caffeine Withdrawal

Dikutip dari AI Care, caffeine withdrawal atau putus kafein adalah gejala yang akan dirasakan saat Anda memutuskan untuk mengurangi atau berhenti mengonsumsi kafein secara tiba-tiba. Kondisi ini biasa terjadi pada orang yang biasanya minum kopi setiap hari lalu tiba-tiba berhenti. Sedangkan pusing yang terjadi saat caffeine withdrawal terjadi karena peminum kopi akan mengalami penyempitan pembuluh darah. Saat kafein dihentikan, aliran darah ke pembuluh otak akan naik drastis. Tekanan darah itu memicu pusing.

Cara Meredakan Pusing Setelah Minum Kopi

Tak perlu khawatir jika Anda mengalami pusing setelah minum kopi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan pusing tersebut yakni sebagai berikut.

  1. Minum pereda nyeri
  2. Lakukan pemijatan ringan di area dahi atau pelipis
  3. Minum air putih dan cukupi kebutuhan cairan tubuh
  4. Kompres kepala dengan es di bagian tengkuk
  5. Segera istirahat dan tidur
  6. Minum rebusan jahe
  7. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E seperti buah atau kacang
  8. Isi perut dengan makanan

Itulah beberapa penyebab pusing setelah minum kopi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.