Bagikan:

YOGYAKARTA – Pie adalah makanan penutup yang kerap disajikan di atas meja. Baik dalam acara formal maupun kasual, pai dibuat dengan berbagai cara atau bentuk. Nah, bagi Anda penyuka makanan manis, ketahui berikut tipe pie yang lembut dan dibuat dari berbagai macam bahan.

1. Custard pie

Custard pie atau pai puding selalu terdiri dari isian yang terbuat dari susu atau krim, gula, dan kuning telur. Ketiganya merupakan bahan puding atau custard. Kalau custard kuno, biasanya hanya berwarna putih atau krem dengan konsistensi sangat kental. Bisa juga puding dibuat dari pure labu atau buah-buahan lain. Pai puding ini, dibuat dengan adonan pai atau kulit lalu dipanggang.

2. Crumb pie

Uniknya, isian pie ditutup remahan roti yang biasanya disajikan saat Thanksgiving. Pai remah atau crumb pie biasanya berisi potongan buah dengan toping mentega, gula putih, gula merah. Tepung terigu merupakan bahan utama kulit pai. Hidangan manis dengan tekstur renyah ini, biasanya dimakan hangat-hangat atau pada suhu ruangan.

tipe sajian manis pie
Ilustrasi tipe sajian manis pie (Freepik/wirestock)

3. Single-crust pie

Single-crust pie berarti pai dengan kulit tunggal bagian bawah dan dimasak dengan dipanggang. Adonan pai cukup khas, yaitu dari tepung terigu, gula pasur, air dingin, dan mentega. Banyak pai dengan kulit tunggal dipanggang dulu baru diberi isian bagian atasnya.

4. Double-crust pie

Pai kulit ganda, terdiri dari dua lapis kulit, yaitu pada bagian dasar dan atas. Isian dibungkus dalam kulit dan biasanya diisi apel atau buah ceri. Adonan kulit bagian bawah, biasanya dibuat lebih tebal agar kokoh. Berbeda dengan bagian atas yang biasanya dibuat lebih variatif, seperti berbentuk anyaman atau pipih.

5. Chess pie

Sedikit berbeda dengan custard pie, chess pie ini isiannya terbuat dari gula, telur, mentega, dan vanilla. Bahan tersebut dikentalkan dengan tepung jagung, tepung maizena, dan bahan khas yang memberikan rasa asam seperti jus jeruk atau cuka. Penambahan tepung jagung atau tepung membuat pai lebih terstruktur dibandingkan pai custard.

tipe sajian manis pie
Ilustrasi tipe sajian manis pie (Freepik)

6. Slab pie

Tidak semua pai berbentuk bulat sebelum dipotong setiap slice. Ada pula, pai yang berbentuk lempengan atau disebut slab pie. Pai tipe ini dibuat di atas loyang besar dan menghasilkan irisan persegi atau persegi panjang. Kalau soal isian dan bahan, hampir seluruhnya sama dengan bahan pai pada umumnya.

tipe sajian manis pie
Ilustrasi tipe sajian manis pie (Freepik/KamranAydinov)

7. Meringue pie

Selain lezat, pai meringue adalah salah satu pai paling fotogenik yang pernah ada. Melansir the kitchn, Jumat, 20 Oktober, pai meringue terdiri dari puding manis yang diisi dengan banyak telur. Selain itu, isiannya dibumbui dengan jeruk seperti lemon, jeruk, atau jeruk nipis. Maka kadang disebut pai lemon meringue. Namanya meringue berasal dari olesan topping yang cantik pada isian pai. Yaitu dari meringue kocok yang kemudian berwarna kecokelatan dengan torch.

8. Hand pie

Hidangan ini biasanya disajikan dengan hidangan lain karena berukuran kecil. Sehingga memungkinkan dikemas dalam kotak snack bersama makanan lainnya. Ukurannya mudah diambil atau dipegang tangan, atau berukuran kecil. Isiannya berupa potongan buah segar.

9. Galette

Mirip seperti kue tart, galette termasuk dalam daftar tipe pai. Namun uniknya, galet tidak memerlukan wadah atau wajan khusus untuk membentuk ukuran tertentu.

Galette adalah sejenis pai berbentuk bebas. Terdiri dari adonan pai berbentuk lingkaran besar yang diisi dengan buah atau bahan lainnya. Sisi-sisi galette dilipat ke dalam dan ditumpuk untuk membantu membungkus isinya. Namun, seperti pai tradisional, galette biasanya diiris menjadi irisan dan dimakan hangat atau pada suhu kamar.

Di antara tipe sajian manis berupa pie di atas, mana yang paling Anda sukai? Makanan yang berdasarkan sejarahnya berasal dari Mesir kuno dan Yunani ini, ternyata tak hanya memiliki rasa manis. Dalam variasinya, pai juga ada yang bertipe gurih berisi daging.