Bisa Jadi <i>Comfort Food</i>, Ini 10 Jenis Gelato Paling Populer
Ilustrasi jenis gelato paling populer (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gelato adalah makanan penutup tradisional yang dianggap sebagai comfort food dan mood booster. Penting dipahami sejak awal, gelato berbeda dengan es krim. Es krim memiliki presentase lemak lebih tinggi daripada gelato. Karena proses pencampuran dan pengolahan gelato lebih lambat, selain rendah lemak juga tekstur lebih lembut daripada es krim.

Gelato berbahan dasar susu, dicampurkan pure buah, kacang-kacangan, buah segar, atau berbagai perasa lainnya. Makanan dingin ini, berasal dari Italia, beberapa mengaitkan dengan daerah Sisilia yagn otentik diciptakan oleh alkemis Cosimo Ruggieri. Kemudian Francesco Procopio Cutò, penduduk asli Sisilia, membawa gelato ke Paris dan mulai menjualnya ke kelas menengah sebagai makanan penutup dengan harga terjangkau. Nah, karena banyak sekali variannya, berikut jenis gelato yang populer.

1. Bacio Gelato

Jenis gelato pertama, disebut bacio, yang klasik dengan menggabungkan hazelnut dan cokelat. Jenis gelato ini terinspirasi bacio Perugina, camilan cokelat berisi hazelnut cincang. Nama bacio diterjemahkan menjadi ‘ciuman’ yang menunjukkan kombinasi bahan saling melengkapi secara sempurna. Bacio berwarna cokelat pucat yang lekat dengan rasa kacang-kacangan.

jenis gelato paling populer
Ilustrasi jenis gelato paling populer (Freepik/noortayyba07)

2. Gelato al fior di latte

Gelato yang populer jenis kedua ini, teksturnya halus terbuat dari susu, krim, dan gula. Bahan yang sederhana ini justru termasuk jenis yang paling sulit dibuat. Karena harus menghasilkan rasa yang bersin, lembut, tanpa tambahan perasa. Jenis ini pula yang jadi favorit pembuat gelato sejati karena pembuatannya paling rumit.

3. Gelato alla fragola

Tentu Anda kenal dengan gelato stroberi yang menggunakan lebih sedikit susu dibandingkan varian lainnya. Biasanya, bahan harus menggunakan stroberi segar yang dihaluskan lalu dicampurkan dengan air, jus lemon, dan krim kocok. Ketika dibekukan secara menyeluruh, gelato fragola memiliki ciri khas konsistensinya yang kental dan lembut, warna merah jambu cerah, serta rasa stroberi yang menyegarkan dan intens.

4. Gelato alla nocciola

Masih lekat dengan hazelnut, nocciola adalah gelato klasik berbahan dasar susu, krim, telur, dan gula. Jenis ini memberikan rasa lembut, nutty, dan aroma khas.

jenis gelato paling populer
Ilustrasi jenis gelato paling populer (Freepik/vecstock)

5. Gelato al cioccolato fondente

Cioccolato fondente mengacu pada rasa gelato cokelat hitam klasik yang dengan rasa cokelat kuat dan bertahan lama. Dibuat dari cokelat berkualitas tinggi lalu dipadukan dengan bahan dasar susu, krim, telur, dan gula. Gula dan susu melengkapi dengan sempurna warna cokelat yang pekat. Varietas yang menggunakan persentase cokelat hitam lebih tinggi biasanya diberi nama cioccolato extranoir.

6. Gelato al Limone

Melansir Taste Atlas, Selasa, 10 Oktober, gelato lemon yang menyegarkan ini masih berbahan dasar seperti jenis gelato sebelumnya. Namun rasanya diperkaya dengan jus lemon, kulit lemon, terkadang limoncello. Dalam gelato al Limone, rasa lemon tidak boleh terlalu menyengat supaya rasa berpadu seimbang dengan tekstur halus dan lembutnya.

7. Gelato alla vaniglia

Kalau Anda suka dengan rasa vanila, jenis gelato yang ini bisa jadi pilihan utama. Untuk memperkaya rasa, gelato yang tebal rasa vanila ini ditambahnya dengan kacang-kacangan atau buah.

jenis gelato paling populer
Ilustrasi jenis gelato paling populer (Freepik)

8. Stracciatella

Stracciatella adalah variasi gelato Italia, yang terdiri dari susu, krim, dan gula, dengan potongan coklat yang diaduk di dalam campurannya.

Ini awalnya ditemukan pada tahun 1962 di Ristorante La Marianna di Bergamo oleh Enrico Panattoni, yang pertama kali memutuskan untuk memecahkan potongan coklat ke dalam es krim.

Stracciatella memiliki tekstur yang halus dengan sedikit renyah. Namanya berasal dari bahasa Italia stracciare, yang berarti ‘merobek’ atau ‘mencabik-cabik’.

9. Gelato al pistachio

Pistachio diolah menjadi pasta kemudian menjadi bahan dasar gelato bersama susu, krim, telur, dan gula. Kadang-kadang, pistachio dipanggang atau dihancurkan kasar untuk menambah tekstur dessert manis nan lembut ini.

jenis gelato paling populer
Ilustrasi jenis gelato paling populer (Freepik/shawonreza)

10. Gelato cioccolato

Cioccolato adalah variasi gelato Italia yang dibuat dengan cokelat dan bubuk kakao sebagai bahan utama bersama krim, gula, dan susu. Produk akhir, jika dibuat dengan benar dan diaduk dengan kecepatan rendah, akan memiliki tekstur padat dan lembut, serta warna coklat tua yang kaya. Tidak diketahui tentang asal muasal gelato cokelat, meskipun faktanya resep pertama telah diterbitkan di Naples pada tahun 1692, dalam sebuah buku berjudul The Modern Steward.

Itulah kesepuluh jenis gelato yang populer. Diantaranya memiliki rasa cokelat, vanila, hazelnut, stroberi, dan pistachio. Banyak pula variasi gelato yang dibuat berdasarkan hasil bumi khas setiap negara. Misalnya di Indonesia, dibuat variasi gelato rasa semangka, mangga, kayu manis, hingga kemangi.