8 Jenis Pai yang Dikenal Konvensional <i>Dessert</i> di Amerika
Ilustrasi pai (Freepik/Racool_studio)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi penyuka makanan manis, tentu tidak asing dengan pai. Di Indonesia, pai susu paling populer sebagai buah tangan dari Bali. Di toko roti, khususnya yang terletak di kota-kota besar Indonesia juga menjual pai. Pai, dikenal sebagai dessert konvensional di Amerika.

Secara gastronomis, pai sebenarnya bukan asli dari Amerika. Mengutip dari American Pie Council, kata pai atau pie dikenal di Eropa dengan pyes. Dalam Oxford English Dictionary, kata pyes sangat populer pada abad ke-14.

Pai pertama dibuat oleh bangsa Romawi dan hanya dimakan isiannya saja. Orang Romawi membawa hasil olahan makanannya ke seluruh Eropa. Karena itu kata pyes populer pada abad ke-14. Resep pertama juga diterbitkan orang Romawi. Isiannya berupa keju kambing berkulit gandum dan luaran pai madu.

Di Inggris, luaran pyes diganti dengan coffyn dan pertama tahun 1500-an dibuat kue buah dengan luaran coffin. Sedangkan di Amerika, pai dikenal dari pemukiman Inggris pertama. Seperti pai pertama kali, luaran tidak dimakan dan disebut dengan coffyn. Dipanggang di loyang panjang dan sempit sehingga disebut seperti coffins yang berarti 'peti mati'.

Selama ratusan tahun pai berevolusi menjadi makanan konvensional sebagai hidangan penutup di Amerika. Dilansir oleh America’s Test Kitchen, pie ada delapan jenis.

Pai buah lapis double

jenis pie
Ilustrasi pai lapis double (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Jenis pai pertama dikenal dengan double-crust fruit pie. Dipanggang sepulang dari kebun saat musim panas atau musim gugur. Kulit ada di bagian atas dan bawah. Banyak memakai mentega di lapisan bawah dan diberi ‘sisik’ bagian tepi. Isinya buah yang telah direbus dan diberi pengental tepung tapioka.

Pai krim

Cream pie atau pai krim diisi dengan krim pastry. Disajikan dalam keadaan dingin akan lebih nikmat karena krim pastry bisa berubah seperti puding bertekstur lembut.

Pai custard

Yang paling sulit dibedakan adalah pai krim dan custard sebab secara visual terlihat mirip. Namun custard terbuat dari telur yang dikentalkan. Teksturnya lebih padat dan keras dibanding krim pastry. Nah, campuran yang dipakai membuat custard antara lain telur, susu, dan gula. Semua bahan disatukan lalu dipanggang hingga matang dan bagian atas isian mengeras.

Pai meringue

Meringue adalah gumpalan dari putih telur kocok yang dipanggang. Sebenarnya meringue sering dipakai untuk menghias bagian atas pai custard.

Tart

Tart merupakan subkategori kue yang dianggap elegan. Lapisan pai pada jenis tart memiliki manis, remahannya padat, dan bagian tepi tidak bersisik. Isian bertekstur lembut misal pada lemon tart. Tak jarang diberi buah seperti pada French apple tart.

Galette

jenis pie
Ilustrasi pai buah (Freepik/drobotdean)

Bentuk pai galette terbuka, seperti pai krim hingga tart. Biasa memakai isian buah yang sekaligus dimasak saat proses pemanggangan. Bagian tengah lapisan pai terbuka, sehingga saat dipanggang sari-sari buah akan mengeras.

Pai sifon

Sekilas diilihat isian dari pai sifon mirip dengan pai krim dan custard. Tetapi tekstur lebih ringan karena dibuat dari kombinasi bahan antara custard, meringue, atau gelatin. Untuk pai sifon, isian tanpa dipanggang karena sudah disiapkan terpisah dari lapisan kerak.

Pai es krim

  • Pai dengan es krim, dua komposisi ini telah cukup jelas untuk mengetahui bagaimana itu pai es krim. Hanya saja, isian es krim bisa dipilih antara sorbet atau gelato.