Mengenal Makanan Favorit Ratu Elizabeth II Sejak Kecil, Sandwich Isi Selai Stroberi
Ilustrasi sandwich seukuran koin Inggris kuno berisi selai stroberi (Freepik/Azerbaijan_stockers)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis, 8 September lalu di Baltimore Castle, UK. Ratu yang berusia 96 tahun bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary Windsor lahir pada 21 April 1926. Seorang mantan koki Istana Buckingham, Darren McGrady, mengunggah video berisi makanan kesukaan Ratu Elizabeth II sejak kecil.

Menurut pengakuan McGrady, Ratu Elizabeth mencoba jam pennies atau sandwich berisi selai dan menyukainya sejak ia masih kecil. Ini merupakan menu kudapan teh sore sang ratu. Cukup sederhana, dua lembar roti putih bertekstur lembut diolesi selai stroberi kemudian ditangkupkan menjadi satu dan dipotong bulat seukuran uang koin Inggris kuno. Uang kuno ini berdiameter 1,2 inci atau 3 sentimeter.

Uniknya lagi, ini merupakan camilan tradisi Inggris sejak sekitar 1840. Bermula dari Anna Maria Russel, Duchess of Bedford, yang mempopulerkan tradisi minum teh di sore hari. Teh perlu didampingi sajian sederhana, dengan bahan kue, roti, dan mentega yang dihantarkan ke kamarnya pada pukul 5 sore. Kebiasaan ini akhirnya menyebar di kalangan kelas atas. Hampir dua abad kemudian, tren menyebar ke hotel dan kedai di seluruh dunia.

ratu elizabeth II minum teh sore, makanan favorit ratu inggris
Ilustrasi Ratu Elizabeth minum teh (Anwar Hussein/Getty Images via Town&Country Magz)

Melansir Reader’s Digest, Senin, 12 September, menurut MacGrady, semua orang di Istana Buckingham menantikan makan siang tradisional dengan sajian ikan dan keripik pada hari Jumat. Fish and chips untuk Ratu Elizabeth II, diracik lebih halus. Sang ratu menyukai ikannya dipanggang dengan breadcrumbs pada bagian terluar.

Makanan penutup yang disukai Ratu Elizabeth II, ialah pie cokelat. Pie cokelat yang dilapisi dengan cokelat hitam dan serutan cokelat, ungkap McGrady.

Teh sore kesukaan Ratu Elizabeth II ternyata merupakan hasil bumi yang hanya dipanen saat musim saja. Teh scone Inggris dengan krim beku yang dipanaskan. Teh ini selalu disajikan dengan jam pennies, roti sandwich berisi selai favorit ratu sejak kecil.

Selain teh, sandwich, dan fish and chips, Ratu Elizabeth II suka makan ikan dan makanan laut. Salah satu hidangan favoritnya adalah salmon segar yang ditangkap dari Sungai Dee. Air sungai ini mengalir melalui perkebunan di sekitar Balmoral. Untuk hidangan laut, ratu menyukai udang pot dari Morecambe Bay, Lancashire, barat laut Inggris.

Udang diracik bersama mentega pedas dengan resep rahasia. Didampingi roti panggang hangat bersama mentega meleleh di atasnya. Udang pot Morecambe Bay, juga merupakan makanan yang dimakan keluarga keragaan pada hari Natal.