Jalan-jalan ke Spanyol Tak Lengkap Kalau Belum Coba 5 Kuliner Khas Ini
Ilustrasi (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Negara yang terletak di kawasan benua Eropa ini tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya saja. Tapi juga merupakan negara yang sangat khas dengan tradisi dan berbagai jenis makanannya yang autentik.

Selain tempat wisata dengan arsitektur yang megah dan menawan. Hal pertama yang wajib Anda lakukan apabila berkunjung ke Spanyol adalah mencicipi berbagai kuliner khas Spanyol yang sayang untuk dilewatkan.

Aceitunas

Spanyol merupakan negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia. Karena hal ini, Aceitunas jadi salah satu makanan wajib coba di Spanyol. Aceitunas adalah acar buah zaitun yang dicampur dengan ikan teri atau paprika merah. Ini bisa disebut cemilan dan dimakan saat minum Tequila.

Tortilla Española

Tortilla española atau tortilla de patatas adalah salah satu makanan Spanyol yang paling terkenal. Tortilla Española merupakan telur dadar atau omelette khas Spanyol yang dibuat dengan telur, kentang, dan minyak zaitun. Tortilla española sering disajikan sebagai lauk. Jika Anda penyuka bawang, Anda bisa menambahkan irisan bawang merah ke adonan telur. 

Albondigas

Sekilas hidangan khas Spanyol yang satu ini tampak seperti bakso yang biasa kita temui di Indonesia. Albondigas sendiri adalah meatballs dengan campuran rempah-rempah, irisan bawang, telur, dan tepung roti.

Paella

Jika Indonesia punya nasi goreng, Spanyol juga punya hidangkan khas dari nasi yang sangat lezat, paella namanya. Kuliner khas Spanyol ini terbuat dari nasi beras bomba yang diolah bersama seafood dan lauk pauk lain seperti cumi, udang, ikan, ayam, yang diberi bumbu dan rempah-rempah paprika, bawang bombay, minyak zaitun, serta kaldu.

Patatas Bravas

Patatas bravas atau papas bravas adalah lauk populer Spanyol yang terbuat dari kentang putih yang dipotong menjadi potongan atau kubus yang tidak beraturan. Kentang digoreng dengan minyak zaitun dan disajikan dengan salsa brava dan mayones atau aioli. Salsa brava adalah saus tomat Spanyol yang agak pedas yang dibuat dengan paprika. Patatas brava berasal dari Madrid namun saat ini sudah jadi populer di seantero Spanyol.

Calcot

Calcot adalah daun bawang berukuran besar dengan rasa yang lebih ringan daripada daun bawang biasanya. Calcot biasanya dipanen pada bulan Februari hingga Maret. Calcot biasanya dipanggang di atas api dan dibungkus kertas koran agar tetap empuk. Calcot dimakan dengan saus salvitxada yang dibuat dengan almond, tomat, bawang putih, merica, cuka, dan minyak zaitun.

Empenadas

Makanan satu ini akan kembali mengingatkan Anda dengan kuliner Indonesia. Layaknya Risol dan pastel, empanadas terbuat dari adonan roti yang diberi isian daging sapi cincang berbumbu rempah dan diberi campuran kentang.

Anchoas / Boquerones

Anchoas dan boquerones adalah makanan Spanyol populer yang dapat Anda nikmati di seluruh Spanyol. Keduanya adalah lauk yang terbuat dari ikan teri. 

Anchoas adalah ikan teri yang diawetkan dengan garam sedangkan boquerones mengacu pada ikan teri segar atau tidak diawetkan. Fillet yang lebih gelap di bawah adalah anchoa sedangkan yang lebih terang adalah boquerones, atau lebih tepatnya, boquerones en vinagre (direndam dalam cuka). Boquerones versi goreng disebut boquerones fritos.

Churros Con Chocolate

Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Meskipun banyak dijumpai di Indonesia, Anda wajib mencoba churros asli Spanyol apabila berkunjung. Terbuat dari adonan tepung yang digoreng, churros biasanya disajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis yang kemudian disantap bersama saus cokelat.

Gambas al Ajillo

Gambas al ajillo adalah salah satu makanan Spanyol paling populer. Makanan ini terkenal bahkan di luar Spanyol dan mengacu pada hidangan udang Spanyol populer yang ditumis dengan banyak bawang putih dan minyak zaitun. Istilah gambas al ajillo diterjemahkan menjadi "udang dengan bawang putih" atau "udang bawang putih".

Gambas al ajillo sering disajikan dengan sepotong roti kering Spanyol. Roti ini dikonsumsi untuk menghilangkan aroma bawang putih yang kurang sedap.