Bagikan:

YOGYAKARTA – Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta memiliki banyak tempat nongkrong yang menawarkan kuliner lezat dan menggunggah selera. Berikut 25 tempat wisata kuliner di Jakarta yang wajib dicoba.

Tempat tersebut ada yang berupa kafe, restoran, hingga public space. Tempat wisata kuliner ini berada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Barat

25 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 17 Mei 2024, berikut ini adalah rekomendasi 25 tempat wisata kuliner di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama teman, pacar, kerabat dekat ataupun keluarga.

  • Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Pusat

Beberapa tempat wisata kuliner di Jakarta Pusat yang bisa Anda kunjungi antara lain:

  1. Pos Bloc

Pos Bloc adalah tempat nongkrong yang estetik dan hits di Jakarta Pusat. Tempat wisata kuliner ini dulunya adalah Gedung Filateli Jakarta yang kemudian diubah fungsinya menjadi tempat publik.

Selain menawarkan berbagai macam kuliner yang lezat dan menggugah selere, tempat ini juga menjadi pusat UMKM dari berbagai bidang, mulai musik, film, fashion, hingga kriya.

Pos Bloc terletak di kawasan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

  1. Sarinah

Tempat wisata kuliner ini dibuka kembali pada 22 Maret 2022. Tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat nongkrong alternatif di ibu kota.

Di kawasan ini, Anda bisa nongkrong, makan, ngopi, hingga menikmati musik secara live.

Sarinah terletak di Jalan MH Thamrin No 11, RT 8 RW 4, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

  1. Bakoel Koffie

Kawasan Cikini, Jakarta Pusat memiliki banyak tempat wisata kuliner menarik. Salah satunya adalah Bakoel Koffie yang sudah ada sejak 1878. Kafe bernuansa klasik ini menyediakan menu kopi pada umumnya, seperti latte, cappuccino, avocado frost, maupun minuman non kopi.

Bakoel Koffie terletak di Jalan Cikini Raya No 25, RT16/RW 1, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

  1. Kedai Tjikini

Selain Bakoel Koffie, di Cikini Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata kuliner bernama Kedai Tjikini. Berkonsep jadul, restoran ini kerap menjadi jujugan wisatawan asing. Tempat ini menyediakan beraneka ragam kuliner Nusantara.

Lokasinya berada di Jalan Cikini Raya No 17, RT 16/RW 01, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

  1. Maple & Oak

Maple & Oak termasuk tempat wisata kuliner yang populer di Jakarta Pusat. Di sini, Anda bisa nongkrong, makan siang atau menikmati brunch dengan menu seperti salad, egg benedict, atau coffe Butter and Egg.

Maple Oak terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No 91, RT 03/RW 05, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

  • Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Selatan

Berikutnya adalah rekomendasi tempat wisata kuliner di Jakarta Selatan. Bila Anda sedang berada di wilayah ini, tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi antara lain:

  1. Chillax

Chillax merupakan akronim dari Chill and Relax. Di tempat ini ada sekitar 25 gerai makan dan minuman yang bisa Anda pilih.

Kawasan ini terinspirasi dari tempat nongkrong di New York atau di Eropa yang dikelilingi gedung-gedung tinggi.

Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman 22 Kavling XXII-XXIII RT 10/RW 001, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

  1. One Satrio

Bagi Anda yang bekerja di sekitar SBD Mega Kuningan, tempat wisata kuliner di Jakarta Selatan ini bisa jadi pilihan. Di sini, Anda bisa makan, ngopi, ataupun sekedar bersantai.

One Satrio berlokasi di Jalan Dr. Satrio No Kav E 1, RT 05/RW 03, Kuningan, Karet Kuningan, kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

  1. Row 9

Row 9 adalah ruang kreatif untuk publik yang terletak di kawasan Blok M. di dalamnya terdapat sejumlah gerai makanan. Salah satunya adalah Suasana Kopi yang memiliki area indoor dan outdor.

Lokasinya berada di Bulungan No 09, RW o6, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran baru, Jakarta Selatan.

  1. Oma Huis

Oma Huis adalah compound space yang berkonsep gang-gang kecil ala Eroma. Di tempat wisata kuliner ini, Anda akan menemui restoran bergaya vintage.

Menu makanannya juga sangat beragam, mulai dari kuliner khas Nusantara seperti Bakmi Abadi dan Nasi Kuning Cakalang Oma. Tersedia juga makanan Barat dan Jepang.

Lokasinya berada di Jala Cikajang No 74, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  1. Triboon Hub

Selain menjadi kawasan wisata kuliner, tempat ini juga punya sport hall hingga lapangan sepak bola.

Di Triboon Hub anda akan menjumpai beberapa gerai makanan yang menawarkan menu makanan India, smoothies, burger, kopi dan teh. Triboon Hub terletak di Jalan Benda Bawah no 77, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

  • Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Utara

Beberapa tempat wisata kuliner di Jakarta Utara yang bisa Anda kunjungi antara lain:

  1. Pantjoran PIK

Pantjoran PIK adalah tempat nongkrong yang cukup populer di kawasan PIK, Jakarta utara. Tempat ini terbagi dua, namun sama-sama berkonsep khas China dilihat dari bangunan dan dekorasinya.

Kuliner yang disediakan di tempat ini sangat beragam, mulai dari makanan berat hingga camilan.

Jam buka atau operasional Pantjoran PIK, yakni dari Senin-Minggu pukul 07.00-23.00 WIB. Pantjoran PIK berada di Golf Island atau kawasan Pantai Maju.

  1. Food Street PIK 2

Tempat wisata kuliner di Jakarta Utara ini mengambil konsep makanan kaki lima. Di kawasan ini terdapat lebih dari 50 tenant yang menawarkan aneka makanan dan minuman.

Food Street PIK 2 terletak di Jalan Pantai Indah Kapuk. Jam operasionalnya mulai pukul 16.00-21.30 WIB.

  1. Gebang 49 Seafood Kalimati

Tempat wisata kuliner ini terletak di Jalan Hidup Baru Nomor 1, Pademangan Barat. Area tempat makannya luas dan banyak meja makan. Makanan yang djual tentunya seperti olahan ikan, cumi, udang, kepiting, cah kangkung, dan lain sebagainya. Gebang 49 Seafood Kalimati buka 24 jam.

  1. Sop Kaki Kambing Tiga Saudara

Tempat wisata kuliner yang satu ini berada di kawasan kuliner kaki lima di Kelapa Gading. Tempat ini selalu dipadati pengunjung, terutama saat weekend.

Sop Kaki Kambing Tiga Saudara berada di Jalan Raya Gading Kirana, Kelapa Gading Barat. Makanan yang ditawarkan seperti sate kambing, sop kaki kambing, lengkap dengan rasa kuah yang bisa dipilih.

  1. Suka Thai

Tempat wisata kuliner ini menawarkan makanan khas Thailand. Menu andalannya seperti mango sticky rice, dan nasi goreng nanas. Selain menikmati kuliner lezat, di tempat ini Anda juga bisa nongkrong sembari menikmati pemandangan pantai yang cantik.

Lokasinya berada di komplek Pantai Mutriara Blok TG, Jakarta Utara.

  • Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Timur

Beralih ke wilayah Jakarta Timur, tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di wilayah ini antara lain:

  1. Sate Padang H. Ajo Manih

Tempat wisata kuliner di Jaktim yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Tempat makan ini menyadikan daging sate empuk serta kuah padang berempah. Selain itu, masih ada beberapa menu lain yang bisa Anda coba, seperti nasi goreng, rote cane, hingga martabak.

Lokasinya berada di Jalan Balai Pustaka Timur No. 4. Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

  1. Bubur Ayam Berdikari Nusantara

Tempat makan ini menawarkan olahan bubur ayam spesial bercitarasa oriental. Kuliner lain yang tidak kalah menariknya adalah ketupat sayur.

Lokasinya berada di Jalan Raya No 189 Cipinang Raya, Cipinang Muara, Jakarta Timur.

  1. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket

Nasi uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket adalah tempat makan legendaris di Jakarta Timur. Tempat ini menawarkan nasi uduk dan ayam goreng dengan rasa spesial dengan tekstur daging yang lembut dan sensasi rasa gurih.

Lokasinya berada di Jalan Bekasi Timur Raya KM. 17, Jatinegara Kaum, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur

  1. Asinan Betawi H. Mansyur

Tempat wisata kuliner ini beraada di Jalan Taman Kamboja No.10, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Di tempat ini Anda bisa mencoba asinan buah dan asinan sayur dengan tambahan kerupuk dan kacang tanah.

  1. Warung Mak Dower

Tempat makan yang satu ini menyajikan aneka kuliner khas Betawi. Di sini terdapat olahan ikan, ayam, hingga aneka sayur yang enak dan gurih. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati sajian tutut kuah pedas yang lezat.

Lokasinya berada di Jalan Pemuda No.72, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

  • Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Barat

Di wilayah Jakarta Barat, Ada beberapa tempaat wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi, seperti:

  1. Warteg Gang Mangga

Warteg Gang Mangga merupakan salah satu destinasi kuliner murah meriah di Jakarta Barat. Tempat ini menawarkan makanan yang cukup beragam.

Warteg ini berlokasi di Jalan Kemuning V No.1D, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat.

  1. Kopi Es Tak kie

Tempat wisata kuliner di Jakarta Barat yang berikutnya adalah Kopi Es Tak Kie. Tempat makan ini sangat populer dan juga legendaris. Kedai kopi dan the ini sudah berumur hampir satu abda.

Lokasinya berada di kawasan Glodok, tepatnya di Jalan Pintu Besar Selatan III Gang Gloria No.4 6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

  1. Restoran Angke

Restoran Angke termasuk salah satu wisata kuliner di Jakarta Barat yang cukup populer. Restoran dengan nuansa khas Chinese ini menyediakan berbagai macam kuliner khas Thionghoa.

Lokasinya ada di Kompleks Ketapang Indah Blok B1 Jalan KH. Zaenal Arifin, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, cukup mudah untuk dijangkau pengunjung.

  1. Waroenk Kito

Tempat makan ini berada di  Komplek Taman Semanan Indah, Ruko Blok C No.42, Cengkareng, RT.1/RW.7, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Nusantara dengan rasa enak dan juga juga murah meriah.

  1. Bakmi Acang

Terakhir, ada Bakmi Acang. Tempat wisata kuliner ini termasuk yang legendaris di Jakarta Barat.

Bakmi Acang memiliki tekstur yang kenyal dan bumbu kaldu kental serta isian ayam yang sangat menggugah selera.

Bakmi Acang terletak di Jalan Dr. Susilo III No.14 4, RT.7/RW.5, Grogol, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

Demikian informasi tentang 25 tempat wisata kuliner di Jakarta Pusat, Selatan, Utara, Timur, dan Barat. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.