Bagikan:

YOGYAKARTA - Gua Sha menjadi tren kecantikan yang sedang digemari. Gua Sha berbentuk alat pijat yang kegunaannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Alat ini juga dipakai untuk pijat wajah yang dapat membuat kulit lebih muda dan tampak bersinar. 

Gua Sha biasanya terbuat dari batu giok yang bentuknya pipih dan pinggirannya tumpul. Dengan bentuk seperti itu, alat ini tidak menyakiti kulit saat digunakan. Gua Sha memang sering digunakan untuk memijat dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan.  

Alat pemijatan ini sering dipakai dalam meedakan keluhan, seperti nyeri leher, pegal-pegal, dan sakit kepala. Lantas gimana cara pakai Gua Sha yang benar dan langkah-langkahnya?

Cara Pakai Gua Sha

Bagi Anda yang sedang mencari metode kesehatan yang unik dan berbeda, penggunaan Gua Sha bisa jadi pilihan. Penting untuk mengetahi cara memakai Gua Sha sebelum mulai menjalani perawatan ini. Teknik pemijatan ini membantu dalam meredakan ketegangan, memperlancar sirkulasi darah, serta membangun kilau alami di kulit 

Berikut ini cara pakai Gua Sha yang perlu Anda tahu bagi yang ingin mengikuti perawatan ini:

Pilih Alat Gua Sha yang Tepat

Pertama-tama, pastikan memiliki alat Gua Sha yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Gua Sha itu banyak jenis ada yang dari kristal, logam, resin, hingga stainless steel.

Bersihkan Kulit Wajah

Sebelum Anda mulai menggunakan Gua Sha, penting untuk membersihkan wajah dengan lembut. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan residu makeup. Dengan begitu Gua Sha dapat meluncur dengan mudah di atas kulit dan menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Pastikan wajah bebas dari makeup sebelum menggunakan Gua Sha untuk mempermudah penggunaannya.

Gunakan Face Oil atau Serum

Untuk memudahkan pergerakan alat Gua Sha di atas kulit, disarankan untuk menggunakan minyak atau serum wajah favorit sebagai bantuan. Sebelum menggunakan Gua Sha, pastikan kulit terhidrasi dengan baik, sehingga Anda dapat menggunakan minyak atau serum wajah. Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia yang keras, serta sesuai dengan kebutuhan jenis kulit Anda.

Pelajari Teknik yang Tepat

Sebelum Anda mulai menggunakan Gua Sha, penting untuk mempelajari teknik yang benar. Gerakan yang lembut namun efektif sangat penting untuk menghindari iritasi atau cedera pada kulit. Anda dapat mencari tutorial secara online atau berkonsultasi dengan seorang ahli kecantikan untuk memahami gerakan yang tepat.

Menjaga Tekanan yang Tepat

Ketika menggunakan alat Gua Sha, penting untuk mempertahankan tekanan yang sesuai agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan atau bahkan kerusakan pada kulit. Lakukan tekanan dengan lembut namun mantap, menghindari tekanan yang berlebihan atau kasar. Hindari menggosok kulit dengan terlalu keras untuk menghindari risiko memar. Lakukan dengan perlahan saja dan tetap rileks selama prosesnya.

Perhatikan Perawatan Setelahnya

Setelah selesai menggunakan Gua Sha, ingatlah untuk membersihkan alat dengan lembut menggunakan air hangat dan sabun. Selanjutnya keringkan dengan handuk bersih sebelum menyimpannya kembali. Tindakan ini akan membantu menjaga kebersihan alat dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Manfaat Gua Sha

Gua Sha bisa dipilh bagi Anda yang menginginkan metode skincare alami. Berikut ini beberapa manfaat Gua Sha yang perlu Anda tahu:

  • Membuat tampilan wajah terliha awet muda dan mencegah penuaan dini.
  • Mencerahkan wajah dan membuat tampak glowing. 
  • Membantu kulit bisa menyerap skincare secara lebih maksimal.
  • Mengurangi kantong mata dan menguatkan jaringan sekitar mata.
  • Mencegah munculnya jerawat.

Demikianlah penjelasan cara pakai Gua Sha yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan. Bagi Anda yang ingin merawat kulit wajah dengan cara alami, memakai Gua Sha bisa Anda coba. Tidak hanya membuat rileks dan meningkatkan peredaran darah, pemijatan ini juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Baca juga produk sunscreen untuk pekerja lapangan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.