Gua Sha dan Jade Roller, Alat Kecantikan yang Ampuh Sembuhkan Kulit Berjerawat
Ilustrasi (Monstera/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Alat perawatan kulit seperti gua sha dan jade roller telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sejak ribuan tahun lalu. Kedua alat kecantikan ini dikenal dapat memberikan penyembuhan holistik dan membantu menyeimbangkan kesehatan fisik, emosional, dan spiritual. 

Selain untuk kesehatan, jade roller dan gua sha juga kini digunakan sebagai alat perawatan kulit wajah. Pasalnya, jenis batu kristal atau giok seperti jade, amethyst, dan rose quartz yang biasa digunakan untuk gua sha dan jade roller memiliki segudang manfaat bagi kulit. Seperti meredakan masalah jerawat, kemerahan, wajah bengkak, dan kulit kusam.

Jika Anda belum begitu familiar dengan istilah serta cara kerja gua sha dan jade roller, berikut VOI bagikan informasinya lebih lanjut melansir Sublime Life, Kamis, 3 November.

Jade roller adalah alat kecantikan berbentuk gagang panjang dan memiliki roda penggilas di ujungnya yang terbuat dari batu giok. Roda penggilas ini memiliki ukuran berbeda di dua ujungnya. Untuk roda yang lebih besar, digunakan khusus untuk tulang pipi, rahang, dan jidat. Sedangkan roda kecil digunakan khusus di area bawah mata. Penggunaan jade roller harus dibersamai dengan tekanan ringan sehingga membantu mengembalikan energi kulit. Serta meningkatkan sirkulasi darah dari dalam.

Sedangkan, gua sha dilakukan dengan menggunakan batu khusus atau disebut gua sha tool. Batu khusus gua sha yang umumnya terbuat dari porselen tersebut digosokkan dengan lembut pada area sekitar wajah hingga ke leher. Teknik menggosok atau memijat area wajah dengan gua sha tool dilakukan untuk melancarkan aliran darah dan energi yang oleh masyarakat Tiongkok disebut “chi”.

Sejatinya, gua sha dan jade roller digadang ampuh sembuhkan kulit berjerawat sebab keduanya memiliki fungsi berupa;

  • Merangsang aliran darah baru dan membawa oksigen ke permukaan kulit sehingga membantu menyembuhkan jerawat.
  • Membantu menarik keluar sumbatan di area masalah dan menghasilkan perbaikan sel metabolisme.
  • Membantu mengembalikan energi kulit dan merangsang sistem drainase limfatik melalui gerakan memijat lembut.
  • Membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan kerja sel darah putih yang bantu cegah infeksi.
  • Mengurangi pembengkakan, jerawat, kemerahan, dan alergi serta meregenerasi jaringan kulit.

Gua sha dan jade roller harus diaplikasikan pada wajah yang bersih dan lembab. Anda perlu mendinginkan kedua alat tersebut ke lemari es selama 15 menit sebelum digunakan. Setelah itu, jangan lupa untuk mensterilkan gua sha dan jade roller dengan alkohol sebelum digunakan kembali.