Ketahui Faktanya, Ini yang Membedakan <i>Single Ingredient</i> dan <i>All-in-One Skincare</i>
Ilustrasi mengenal macam-macam skincare (Unsplash/Mathilde Langevin)

Bagikan:

JAKARTA – Berbagai formula dari produk perawatan wajah atau skin care menawarkan teknologi pembuatanya. Mulai dari diformulasikan dari satu jenis bahan hingga kombinasi bahan-bahan untuk mendapatkan hasil perawatan yang optimal.

Produk perawatan kulit yang diformulasikan dari satu bahan dan hanya cocok dipakai untuk satu tipe kulit saja disebut single ingredients skincare.

Dilansir Vogue, Senin, 27 September, single ingredients membuat sebuah produk tampak sangat spesifik. Menurut Ghazal Alagh, Pendiri The Derma Co., jenis bahan aktif tunggal bisa dipilih bagi Anda yang memiliki masalah kulit.

Perawatan dengan bahan aktif tersebut perlu dipakai untuk mendapatkan target yang spesifik. Misalnya, mengatasi kulit berjerawat, pigmentasi, pori-pori terbuka, dan mengatasi kulit kering.

Setelah target bekerja maksimal dan mengatasi keluhan tertentu pada kulit, pemakai produk bisa beralih pada produk tahap selanjutnya. Masih dengan klaim single ingredient, setelah mengatasi jerawat pengguna perlu ke tahap selanjutnya yaitu menghilangkan bekas jerawat dengan bahan aktif yang formulasinya juga bertahap.

Alagh mengungkapkan, karena diformulasikan secara spesifik, penggunanya juga perlu mengenali kondisi kulitnya. Bagi seseorang dengan kondisi kulit sensitif, produk skin care dengan formulasi single ingredients direkomendasikan sebab meminimalisir alergi dan reaksi buruk terhadap bahan tertentu.

Berbeda dengan produk yang diklaim all-in-one. Produk ini tidak memiliki formulas spesifik, tetapi bisa dipakai untuk mengatasi beberapa masalah kulit sekaligus. Menurut Prudvi Kaka, kepala ilmuwan di persahaan induk Deciem, seseorang dapat menggunakan produk dengan multi-bahan sebagai langkah pemeliharaan.

Artinya, formula all-in-one pada umumnya bisa dipakai untuk pemeliharaan sehari-hari. Sedangkan produk single ingredient bisa dipakai untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik. Perbedaan tersebut berpengaruh pada harga. Mayoritas produk single ingredient lebih mahal dibanding produk all-in-one.

Yang mana yang paling efektif digunakan? Karena memiliki tujuan yang berbeda, sebelum memilihnya perlu mengidentifikasi masalah pada kulit Anda. Idealnya, sebelum memilih yang mana paling tepat konsultasikan dengan pakar perawatan kulit sehingga mendapatkan arahan yang tepat.