5 Kandungan Perawatan Kulit yang Aman untuk Kulit Eksim
Ilustrasi (Jess@Harper Sunday/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Punya masalah kulit atopic dermatitis atau biasa disebut eksim? Eksim adalah kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, merah, iritasi, bersisik, dan mengelupas hingga bisa saja berdarah. Munculnya eksim dipicu oleh beberapa faktor, seperti stress, kandungan bahan makanan, paparan lingkungan, penyakit, dan alergi (makanan atau musim). Perlu skincare untuk kulit eksim yang tepat secara topikal.

Bagi penderita kulit eksim, pilih produk skincare yang mampu menyembuhkan dan mencegah gejala eksim semakin parah. Dilansir dari Beautyfied, Kamis, 19 Agustus, dermatolog Rachel Maiman sarankan produk dengan 6 kandungan skincare berikut dengan manfaat menenangkan dan mendinginkan sehingga kondisi kulit tetap terkendali pada penderita eksim.

Ceramide

Adalah asam lemak yang ditemukan secara alami di kulit untuk membantu menjaga sel-sel kulit. Ceramide juga berfungsi menjaga skin barrier yang bekerja menghidrasi kulit dan memberi perlindungan terhadap iritasi dan alergen. Nah, penderita eksim memiliki lebih sedikit ceramide di kulit. Inilah yang menyebabkan kulit tidak mendapat cukup kelembapan. Untuk menambah kadar ceramide pada kulit eksim, pelembap dengan kandungan ceramide diperlukan. 

Niacinamide

Kandungan yang dikenal juga sebagai vitamin B3 ini populer sebagai komposisi bahan pada kebanyakan produk skincare. Fungsinya mengunci kelembapan, mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, dan menyingkirkan garis halus. Manfaat niacinamide lainnya untuk kulit eksim adalah anti-inflamasi dan mengurangi sitokin inflamasi (protein yang dilepaskan sel imun sebagai respon terhadap reaksi atau kondisi tertentu).

Humectant

Kandungan dengan manfaat melembapkan memang yang seharusnya dicari penderita kulit eksim. Seperti humectant, yang berfungsi menjaga kadar air dalam kulit. Cara kerjanya adalah mengumpulkan dan menyerap molekul air dari lingkungan dan menahannya di dalam kulit.

Maiman menyatakan humectant mendorong pelepasan sel kulit mati dengan memecah protein yang menyatukan sel-sel. Itulah mengapa, humectant membantu memperbaiki kulit yang terkelupas dan menebal akibat peradangan, garukan, dan gesekan yang biasa ditemukan pada orang dengan eksim kronis.

Petrolatum

Kandungan skincare yang sudah sangat familiar di telinga kita. Petrolatum atau petroleum jelly adalah emollient yang mencegah 99 persen kehilangan air pada kulit. Emollient sendiri merupakan jenis kandungan pelembap yang punya fungsi melembapkan, menenangkan kulit dari rasa gatal, dan membuat kulit lebih nyaman.

Oatmeal Koloid

Satu lagi kandungan skincare untuk kulit eksim. Oatmeal koloid adalah bahan alami yang terbukti dapat mengobati dan meredakan gejala eksim. Kandungan ini bersifat anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan dan kemerahan. Untuk perawatan alami, penderita eksim bisa mandi dengan oatmeal. Tapi bisa juga pakai produk dengan kandungan oatmeal, seperti sabun dan pelembap.