Ketika Eksim Kambuh Saat Musim Dingin: Ini yang Harus Dilakukan
Ketika Eksim Kambuh Saat Musim Dingin (Gambar 8photo-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Udara berubah menjadi dingin artinya hati-hati buat para penderita eksim. Kenapa? Karena eksim kambuh saat musim dingin. Lantas apa yang harus dilakukan?

Eksim ialah penyakit kulit yang membuat kulit menjadi gatal. Eksim juga dapat mengakibatkan kulit menjadi bercak-bercak merah, terasa perih, dan ruam.

Terdapat berbagai pemicu seorang alami eksim. Semacam kulit yang sensitif serta kering, sedang alami flu, ataupun berbagai alergen lain semacam tungau, debu, jamur, ataupun asap.

Pasalnya, Eksim dapat meningkat parah pada keadaan tertentu, misalnya kala berada di tempat dengan hawa dingin.

Nah, saat masa hujan semacam ini, cuaca jadi dingin serta eksim dapat bertambah parah. Supaya eksim tidak bertambah parah, ketahui cara tepat menjaga eksim saat udara dingin, yuk!

Udara Dingin Membuat Eksim Semakin Buruk

Tidak hanya udara yang terlalu panas, cuaca dingin serta kering pula dapat membuat indikasi eksim terus menjadi parah. Pemicu eksim terus menjadi buruk di cuaca dingin diakibatkan karna udara dingin membuat kulit kehilangan air.

Dampaknya, sel-sel kulit jadi dehidrasi serta mengakibatkan kulit kering, yang membuat keadaan eksim jadi terus menjadi parah. Supaya eksim tidak terus menjadi parah saat musim hujan, mari, rawat kulit dengan beberapa metode di bawah ini!

Yang Harus Dilakukan Ketika Eksim Kambuh Saat Musim Dingin

1. Pakai Pelembap Kulit

Hawa dingin yang cenderung kering bakal mengakibatkan kulit menjadi kering pula, terutama yang mempunyai keadaan eksim bakal ikut kering dan jadi gatal. Inilah sebabnya, seorang dengan kulit eksim wajib senantiasa melindungi kelembapan kulitnya.

Metode yang dapat digunakan yakni dengan secara rutin memakai pelembap kulit yang tepat. Pelembap buat keadaan kulit eksim berbeda dengan pelembap yang banyak dijual. Maka dari itu, hendaknya tanyaan kepada dokter kulit, pelembap apa yang sesuai digunakan buat kulit eksim. Jangan lupa buat memakai pelembap sehabis mandi, saat sebelum tidur, ataupun sehabis mencuci tangan, ya!

2. Hindari Mandi Dengan Air Hangat

Kala musim hujan serta cuaca menjadi dingin, tentu di antara kalian ada yang kerap mandi memakai air hangat bukan? Tetapi untuk seorang yang alami keadaan kulit eksim, maka hendaknya jauhi mandi dengan memakai air hangat, ya.

Mandi atau bahkan berendam air hangat saat waktu hujan dapat memperparah eksim yang dirasakan. Hendaknya, mandi dengan air yang tidak begitu panas ataupun hangat, serta pakai air dengan suhu hangat-hangat kuku selama 5 hingga 10 menit.

Sabun yang digunakan pula wajib dipilih secara tepat, yakni yang bebas pewangi, pengawet, serta pewarna. Sehabis mandi, hendaknya keringkan badan dengan handuk bersih dengan metode ditepuk-tepuk saja serta bukan digosok, sebab dapat merangsang rasa gatal di kulit.

3. Mengenakan Pakaian yang Nyaman buat Kulit

Kulit yang alami eksim bakal jadi sangat sensitif serta peka, sebab penghalang ataupun lapisan yang melindungi kulit sudah rusak. Maka dari itu, kita perlu mencermati bahan pakaian yang kita pakai tiap hari, nih, supaya tidak memunculkan iritasi di kulit.

Meski cuaca lagi dingin, tapi hindari mengenakan baju yang berlapis-lapis buat menghindari panas serta timbulnya keringat yang menimbulkan eksim kambuh. Tidak hanya itu, pilih pula bahan baju yang halus serta tidak begitu tebal, seperti katun.

4. Memakai Humidifier atau Pelembap Udara

Sama seperti langkah sebelumnya, cuaca yang lembap jadi sesuatu yang penting untuk kalian yang mempunyai keadaan kulit eksim. Penyebabnya karena cuaca dingin cenderung membuat hawa jadi lebih kering yang bakal berakibat pada kulit yang juga kering.

Buat menghindari kulit jadi kering, maka kita wajib membuat udara di sekitar jadi lebih lembap. Metode yang dapat digunakan yaitu memasang humidifier yang membuat udara lebih lembap. Humidifier bakal menghasilkan uap air yang membuat cuaca di sekitar kita jadi lebih lembap serta tidak kering.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Tidak hanya mencegah badan jadi dehidrasi, cukup minum air pula dapat menghindari kulit alami kehilangan cairan tubuh. Tidak hanya air putih saja kok, kita pula tetap dapat, mengkonsumsi minuman yang lain, semacam teh hangat, susu hangat, ataupun minuman jahe buat melindungi badan tetap hangat.

Tidak hanya itu, suatu riset pula menganjurkan pengidap kondisi kulit eksim buat komsumsi suplemen vit D buat kurangi gejala eksim saat musim dingin. Saat sebelum komsumsi vit D dalam wujud suplemen, hendaknya diskusikan dahulu dengan dokter buat memperoleh vit D yang tepat, ya!

Agar lebih aman lagi, kalian bisa juga membaca “Beda Eksim Basah dan Kering” agar mudah dalam proses penyembuhannya.

Jadi setelah mengetahui eksim kambuh saat musim dingin, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!