Kenali Penyebab, Pemicu, dan Pengobatannya untuk Menjawab Apakah Eksim Bisa Sembuh atau Tidak
Ilustrasi kulit sehat (Jernej Graj on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pertanyaan tentang apakah eksim bisa sembuh atau tidak kerap diajukan masyarakat kepada dokter kulit. Untuk menjawabnya, alangkah lebih baik pasien tahu seluk beluk tentang gangguan kesehatan kulit tersebut.

Secara umum, eksim adalah gangguan kesehatan pada kulit bagian luar dari tubuh manusia. Gangguan biasanya berupa bercak atau timbulnya bercak yang ada di permukaan kulit dan bisa menyerang di bagian tubuh mana saja.

Apakah Eksim Bisa Sembuh?

Secara khusus, eksim atau dermatitis adalah sebuah istilah yang merujuk pada kondisi kulit yang mengalami peradangan dibarengi dengan ruam, kulit gatal, kering, bahkan pecah-pecah. Dalam tataran lebih parah eksim bisa menyebabkan kulit melepuh.

Eksim biasanya muncul di lipatan siku, lipatan lutut, kaki, dan tangan. Di bagian tersebut kadang akan terasa gatal dan tanpa sadar digaruk hingga lecet. Hal itu juga akan memperparah eksim.

Terkait pertanyaan apakah eksim bisa sembuh, jawabannya adalah bisa. Namun hal tersebut tergantung pada banyak hal. Oleh karenanya kenali dulu seluk beluk tentang gangguan kulit eksim.

Jenis Eksim

Jenis eksim dibagi menjadi dua, eksim kering dan eksim basah. Meski sama-sama gangguan kulit namun keduanya punya perbedaan.

Dikutip dari Alodokter, dr. Muhammad Ainul Rohman menjelaskan eksim kering adalah gangguan kulit yang biasanya ditandai dengan kondisi kering, gatal, dan munculnya ruam merah. Biasanya eksim ini muncul karena alergi, kondisi cuaca, hingga penggunaan sabun tertentu.

Sedangkan eksim basah adalah adanya bentolan kecil yang berisi cairan dan kadang terasa gatal. Pemicunya bisa beragam, salah satunya adalah alergi.

Eksim yang biasa terjadi di masyarakat adalah eksim kering. Dilansir dari Kompas Lifestyle, dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin menjelaskan bahwa eksim kering identik degan dermatitis atopik.

 Pemicu Eksim

Patut dicatat bahwa eksim tidak menular. Namun ada beberapa pemicu eksim yang patut diwaspadai oleh seseorang yang punya bawaan eksim dari orang tuanya, yakni sebagai berikut.

  1. Iritasi yang disebabkan karena sabun, detergen, atau cairan pembersih yang mengandung bahan kimia tertentu.
  2. Sayur atau daging.
  3. Alergi
  4. Hewan seperti kutu atau bisa pula jamur.
  5. Bakteri Staphylococcus aureus.
  6. Stress
  7. Perubahan hormon.
  8. Suhu ekstrem
  9. Makanan tertentu, terutama yang mengandung protein seperti produk susu, telur, dan sebagainya.

Cara Mencegah atau Meredakan Eksim

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, eksim tida bisa disembuhkan selamanya. Penderita hanya bisa melakukan antisipasi atau meredakan gejala eksim dan meredakan infeksi yang muncul.

Dokter biasanya akan menawarkan salep atau krim yang membantu meredakan peradangan. Selain itu bisa pula dengan mengonsumsi obat minum seperti antihistamin, kalsineurin inhibitor, dan kortikosteroid.

Pasien juga bisa menjalani terapi, yakni fototerapi (phototherapy). Nantinya pasien akan diterapi menggunakan gelombang UV A dan UV B.

Untuk mencegah timbulnya eksim, dr. Muhammad Ainul Rohman menyarankan beberapa hal yakni sebagai berikut.

  • Menjaga kebersihan diri
  • Tak meminjamkan barang pribadi ke orang lain seperti handuk
  • Makan makanan bergizi, batasi makanan berlemak, berminyak, tinggi garam dan tinggi gula
  • Hindari menggaruk saat eksim kambuh
  • Pilih pelembab berbahan ceramide
  • Hindari stress
  • Minum air putih cukup
  • Usahakan badan selalu fit terutama saat pergantian cuaca

Selain terkait pertanyaan apakah eksim bisa sembuh, dapatkan informasi menarik lainnya dengan mengunjungi VOI.ID.