Terbaik! Ini 8 Hidangan Khas Sumatra yang Wajib Anda Coba
Ilustrasi hidangan khas Sumatra yang terbaik (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan khas Nusantara banyak sekali ragamnya. Setiap pulau, memiliki kekhasan cita rasa. Untuk hidangan khas pulau Sumatra, Anda bisa mencicipi ratusan menu. Tetapi yang terbaik dan wajib Anda icipi, berikut ini daftarnya.

1. Nasi Padang

Disebut Nasi padang karena berasal dari Pandang yang merupakan kombinasi nasi serta lauk-pauk lebih dari satu jenis. Daripada dianggap sebagai satu hidangan, nasi padang lebih dikenal sebagai gaya makan. Anda bisa mengkombinasikan nasi putih dengan gulai daun singkong, rendang, kari ayam, balado ikan, hingga cumi pedas. Paling berkesan dari nasi padang, adalah kekayaan rempah yang memperkaya hidangan cenderung pedas ini.

hidangan khas sumatra yang terbaik
Ilustrasi hidangan khas Sumatra yang terbaik (Freepik)

2. Pempek

Pempek berbahan ikan giling dan tapioka yang diolah secara tradisional. Hidangan ini awalnya berasal dari Sumatra Selatan, dilansir Tasteatlas, Rabu, 29 November. Pempek dibuat oleh perempuan warga Palembang yang sudah senja dan bosan dengan hidangan ikan yang diolah dengan digoreng atau dibakar. Sehingga secara inovatif, ia menggiling daging ikan dan mencapurkan dengan tepung tapioka, lalu menggorengnya hingga mendapatkan hasil yang renyah serta lezat. Pempek biasa dihidangkan dengan acar mentimun beserta cuko atau kuah asam manis dan pedas.

3. Gulai

Setiap suku memiliki cara masing-masing dalam mengolah hidangan, termasuk yang kita kenal dengan gulai. Di Jawa, juga dikenal menu gulai daging. Namun di Sumatra, biasanya diisi daging, jeroan, makanan laut, atau sayuran. Bahan gulai merupakan kombinasi dari santan dan bumbu rempah yang dimasak hingga berkuah kental. Kemungkinan besar, gulai dipengaruhi kuliner India.

hidangan khas sumatra yang terbaik
Ilustrasi hidangan khas Sumatra yang terbaik (Freepik/jcomp)

4. Rendang

Rendang merupakan hidangan daging khas Indonesia yang berasal dari masyarakat Minangkabau di Sumatra Barat. Hidangan ini terkenal dengan rasa pedas dan proses memasaknya lama. Rendang dimasak dengan banyak rempah dan jam memasak lama supaya awet lebih lama pula.

5. Sate Padang

Sate Padang sejenis sate yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Secara tradisional, dibuat dari potongan daging atau jeroan sapi yang direndam bumbu lalu ditusuk dan dipanggang. Setelah matang, diberi kuah kental berwarna kecokelatan dan rasa bumbunya cukup lembut. Ada pula kuah kental sebagai variasi sate padang yang berwarna kuning cerah. Untuk sate Pariaman, kuah sate banyak memakai cabai sehingga berwarna merah yang khas. Biasanya, sate padang disajikan bersama ketupat.

6. Mie Aceh

Dinamakan Mie Aceh karena berasal dari Aceh yang memiliki kekhasan hidangan kaya rempah dan pedas. Selain memakai mie kuning, mie aceh, berisi daging sapi, daging domba, atau seafood. Ditambahkan pula daun bawang, bawang putih geprek, tauge, kubis, dan tomat. Rempah yang cukup terasa tegas, diantaranya kapulaga dan jintan. Supaya tetap segar dan tasty, mie aceh dihidangkan bersama bawang merah goreng, acar mentimun, serta kerupuk.

7. Tekwan

Tekwan adalah sup bakso ikan asli Indonesia. Bahan penting dalam hidangan ini adalah bakso ikan tekwan terbuat dari terasi ikan, tapioka, tepung, dan direbus sebelum ditambahkan dalam sup. Kaldu biasanya berbahan dasar ikan atau udang, jamur, bunga lili kering, irisan bengkuang, bawang putih, dan daun bawang.

8. Soto Medan

Terdapat ribuan variasi soto di Nusantara, salah satunya Soto Medan. Soto ini memadukan daging ayam atau sapi dengan kuah kental memakai santan dibumbui rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan ketumbat. Dagingnya dimasak lalu disuwir dan digoreng sebelum dihidangkan di atas kuah kaldu.

Itulah kedelapan hidangan khas Sumatra yang terbaik dan populer. Adakah yang belum pernah Anda icipi? Jangan ada yang terlewat dan rasakan semua kekayaan cita rasa masakan Nusantara yang amat bervariasi.