Kaya Rasa dan Berempah, Ini 8 Variasi Hidangan Berbahan Daging Unggas
Ilustrasi variasi hidangan berbahan daging unggas (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali variasi hidangan yang kaya rasa dan rempah di Indonesia. Termasuk salah satunya berbahan utama daging unggas. Alih-alih makan ayam goreng saja, Anda bisa menikmati variasi hidangan berbahan daging unggas berikut ini.

1. Opor ayam

Opor ayam ikonik dengan hidangan lebaran atau hari-hari berjumpa keluarga besar. Namun tak ada salahnya menikmati racikan ayam dibumbui serai, asam jawa, kayu manis, lengkuas, ketumbar, bawang merah dan putih ditambah santan yang gurih ini, pada hari biasa. Kuah yang aromatik dan bumbu meresap pada serat-serat daging ayam membuat momen makan terasa hangat. Biasanya, paha bawah jadi bagian ayam yang dipakai untuk hidangan ini.

2. Bebek goreng

Bebek goreng di Indonesia dikenal cara pengolahannya yang istimewa. Selain renyah, empuk, dan lezat, bebek goreng juga dihidangkan bersama sambal pedas atau bumbu hitam khas Madura. Bebek biasanya dipotong-potong, direbus atau dikukus bersama bumbu, lalu digoreng sehingga mendapatkan kerenyahan yang unik. Bumbu untuk marinasi, umumnya dibuat dari campuran bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, atau ketumbar.

variasi hidangan berbahan daging unggas
Ilustrasi variasi hidangan berbahan daging unggas (Freepik/jcomp)

3. Gulai ayam

Gulai ayam merupakan variasi makanan berbahan utama daging ayam, mirip seperti kari. Terdiri dari potongan ayam yang direbus dengan api kecil dan rasa kuah yang kompleks. Bumbu gulai di Nusantara cukup bervariasi, ada yang berwarna kuning ada pula yang kemerahan dengan rasa pedas. Rempah yang dipakai membumbui variasi hidangan ini, antara lain cabai, kunyit, ketumbar, jintan, pala, kemiri, dan bawang merah serta bawang putih.

4. Ayam betutu

Berbeda dengan gulai yang identik dengan hidangan dari Sumatra Barat, ayam betutu berasal dari Bali. Betutu mengacu pada cara mengolah hidangan dan bumbu ganep khas Bali. Maka ada pula restoran yang menyajikan bebek betutu. Betutu adalah cara mengolah daging dengan bumbu campuran kunyit, jahe, merica, cabai, dan sedikit terasi. Hidangan ayam atau bebek betutu diolah seara tradisional dengan dipanggang dalam tanah setelah dibungkus dengan daun. Itu artinya, persiapan dan waktu mengolahnya membutuhkan setidaknya sehari.

5. Ayam bakar

Sebelum dibakar di atas bara api dari arang, ayam dibumbui dengan rempah-rempah. Bisa hanya dimarinasi selama beberapa jam, ada pula yang direbus bersama bumbu-bumbu khas. Bumbu marinasi tersebut juga dijadikan saus oles saat ayam dibakar atau dipanggang. Pemanggangan dilakukan sampai kulit ayam berubah gelap seperti berkaramel tetapi tidak sampai gosong. Saat matang, ayam bakar dihidangkan bersama nasi putih hangat, sambal terasi, mentimun, dan tomat.

variasi hidangan berbahan daging unggas
Ilustrasi variasi hidangan berbahan daging unggas (Freepik/timolina)

6. Rendang ayam

Sama seperti betutu, rendang juga cara pengolahan dan bumbu khusus sehingga menciptakan hidangan yang gurih, pedas, serta nikmat. Rendang ayam adalah hidangan tradisional Indonesia dan bumbu yang digunakan untuk membuatnya antara lain daun jeruk purut, serai, kunyit, santan, gula pasir, garam, minyak, dan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah giling, bawang putih, cabai merah, lengkuas, jahe, dan ketumbar. Potongan ayam dibumbui dan ditumis dengan bumbu halus, lalu dimasak dengan santan. Hidangan tersebut direbus hingga kuahnya hampir menguap seluruhnya dan menempel pada daging.

7. Ayam geprek

Ayam geprek popular sebagai makanan dari Yogyakarta, hidangannya mirip seperti ayam goreng krispi ala Amerika lalu digeprek dengan cabai, daun jeruk, tomat, dan bawang putih. Ayam tepung yang diremukkan berlumur sambal pedas. Ada pula variasi ayam geprek yang ditambahkan dengan keju mozzarella.

8. Nasi tim ayam

Anda tentu tidak asing dengan istilah hidangan nasi tim. Nasi yang ditim bersama dengan rempah dan campuran lainnya. Untuk nasi tim ayam, ditambahkan ayam dan jamur shitake. Melansir TasteAtlas, Rabu, 31 Januari, ayamnya biasanya dibumbui dengan kecap dan bawang putih lalu diletakkan di dasar mangkuk timah, bersama dengan sedikit kaldu ayam.

variasi hidangan berbahan daging unggas
Ilustrasi variasi hidangan berbahan daging unggas (Freepik/chaded)

Dagingnya diletakkan di bawah nasi dan kombinasinya lalu dikukus hingga matang. Terkadang, telur rebus diletakkan di dasar mangkuk bersama ayam. Karena hidangan ini selalu disajikan panas, maka kerap dianggap sebagai comfort food. Teksturnya yang lembut dan rasa sedikit hambar, nasi tim ayam cocok untuk anak kecil. Saat disajikan, sering kali dihias dengan daun ketumbar dan daun bawang.

Itulah kedelapan variasi hidangan berbahan daging unggas. Adakah dari hidangan di atas yang belum pernah Anda icipi?