10 Rekomendasi Kuliner di Bangkok, Tertarik Mencicipi Tom Yum sampai Som Tam?
Ilustrasi rekomendasi kuliner di Bangkok (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat jalan-jalan ke Thailand, kuliner khasnya tentu tak boleh dilewatkan. Khususnya di Bangkok, sejumlah kuliner memanjakan sampai mengagetkan lidah. Kalau Anda tertarik mencoba makanan segar, sup seafood, hingga semacam rujak dengan rasa asam pedas, berikut ini rekomendasi kuliner di Bangkok yang wajib Anda coba.

1. Som Tam

Som tam adalah salad berbahan utama papaya hijau, atau pepaya yang belum matang. Pepaya dipotong tipis panjang-panjang, dengan isian lainnya berupa kacang panggang, kacang hijau, tomat, dan saus rasa tajam. Bumbunya bawang putih, cabai, kecap ikan, udang kering, gula palem, dan jeruk nipis atau asam jawa. Lewat bahan tersebut, rasanya tentu kaya, asam manis sekaligus umami.

2. Suki

Bagi pecinta kuliner, tentu kenal dengan hidangan hot pot. Suki, adalah hidangan hot pot versi Thailand. Cara menghidangkan makanan ini tumbuh dari tradisi Tiongkok dan Jepang. Bahan-bahan hidangan disiapkan dan dimasak di samping meja dalam satu mangkok. Biasanya, kuah kaldu dibuat dari ayam berbumbu serai. Bahan lainnay bisa berupa daging, babi, ayam, dan berbagai makanan laut, serta bihun, sayuran dan kubis, jamur shiitake, daun bawang, wortel, dan seledri. Yang khas dari suki, saus celupnya dibuat dari cabai, ketumbar, bawang putih, dan jeruk nipis.

rekomendasi kuliner di bangkok
Ilustrasi rekomendasi kuliner di Bangkok (Freepik)

3. Khao niao mamuang

Namanya panjang, tetapi Anda pasti tidak asing dengan jajanan ini. Khao niao mamuang adalah puding nasi tradisional Thailand yang biasa disajikan sebagai makanan penutup. Hidangan ini diolah dari beras ketan yagn dikukus lalu disiram santan manis. Terakhir, disajikan bersama mangga matang segar.

4. Kari kuning

Makanan di Asia, memang banyak yang mirip. Meskipun mirip, kalau ditelisik secara detail dan mendalam, mereka diolah dengan teknik berbeda. Salah satunya kari, yang populer berasal dari India ini. Kari kuning kaya akan rempah, baik di Indonesia maupun yang termasuk kuliner khas Bangkok. Bumbunya memakai rempah seperti ketumbar, jintan, serai, daun kaffir, bawang putih, lengkuas. Uniknya, bumbu biasanya dibadukan dengan kentang dan bawang bombay.

5. Kaeng khiao wan

Kari hijau pedas, atau nama tradisional Thailand dari Kaeng khiao wan, berbahan cabai hijau pedas nan harum yang dibawa ke Thailand oleh misionaris Portugis pada abar ke-16. Cabai ini digiling menjadi pasta lalu dicampur dengan bahan-bahan seperti lengkuas, terasi, serai, bawang putih, kunyit, ketumbar, daun purut, dan merica utuh. Kari ini, isiannya daging ayam atau makanan laut.

rekomendasi kuliner di bangkok
Ilustrasi rekomendasi kuliner di Bangkok (Freepik/poringdown)

6. Kari Thailand

Kari Thailand biasanya merupakan makanan berkuah dari santan atau air berisi daging. Berbeda dengan kari India yang kental. Kari di Bangkok rata-rata kuah encer mirip seperti sup. Bumbu yang dipakai berasal dari bahan segar daripada bahan aromatik yang dikeringkan.

7. Kari Massaman

Mungkin Anda penasaran, kenapa banyak sekali variasi makanan kari di Bangkok. Pada prinsipnya, semua jenis kari memiliki bahan dasar yang kaya rempah. Namun Kari Massaman paling lembut di antara jenis kari lainnya. Dalam satu porsi hidangan kari ini, berisi kuah santan kental, daging, kentang. Bumbunya dipanggang dulu sebelum dicampurkan menjadi satu hidangan. Artinya, rasa smookey mungkin akan berpendar di mulut.

8. Pad Thailand

Pad Thailand adalah hidangan nasional Thailand yang beraroma dan berisi bihun, tahu, udang kering, tauge, dan telur. Beberapa variasi dibuat dengan daging, ayam, dan babi. Kalau didefinisikan, rasa pad Thai cukup rumit, karena rasa manis, asam, asin cukup berlomba-lomba namun ketiganya berada pada skor imbang.

rekomendasi kuliner di bangkok
Ilustrasi rekomendasi kuliner di Bangkok (Freepik/bowonpat)

9. Khao mok gai

Secara tradisional, khao mok gai, disiapkan untuk makan besar di tradisi Muslim di Thailand. Hidangan ini berupa ayam yang dikubur dalam nasi, seperti nasi biryani. Melansir Taste Atlas, Jumat, 3 November, hidangan ini adalah nasi biryani versi Thailang dari abad ke-18. Uniknya, khao mok gai dihidangkan bersama mentimun segar, saus celup nam jim yang terdiri dari mint segar dan jahe.

10. Tom Yum

Kuliner di Bangkok yang juga banyak ditemukan di Indonesia adalah tom yum. Tetapi kalau Anda mencicipinya di negara asalnya, mungkin akan menemukan sensasi rasa yang berbeda. Bahan bumbu memakai bawang merah, serai, kecap ikan, jahe atau lengkuas segar dicincang, udang, jamur, daun jeruk purut, air jeruk nipis, dan cabai Thailand cincang.

Itulah kesepuluh kuliner di Bangkok yang menarik untuk dicicipi. Adakah kuliner di Bangkok yang jadi favorit Anda selain rekomendasi di atas?