Bagikan:

JAKARTA - Menghabiskan waktu liburan bisa Anda lakukan lewat berbagai cara. Salah satunya dengan menjajal wisata edukasi ke destinasi yang menawarkan keindahan budaya Indonesia seperti kampung batik. Tidak hanya berkesempatan melihat dari dekat proses pembuatan batik, di sini pun Anda dapat bereksperimen belajar membatik dari para pengrajin.

Simak ulasan delapan kampung Batik di Indonesia, yang VOI rangkum dari berbagai sumber, buat referensi Anda belajar membatik dan lebih dekat dengan budaya negeri.

Sentra Batik Tulis Giriloyo di Yogyakarta

Sentra Batik Tulis Giriloyo merupakan sentra batik tulis khas keraton terbesar di Yogyakarta. Hampir 90 persen penduduk di wilayah ini berprofesi sebagai pengrajin batik. Di sini, Anda bisa mendapatkan pengalaman membatik melalui paket wisata lokakarya yang disediakan. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan asri nan menenangkan sembari membatik, sebab sentra ini berada di bawah kaki perbukitan Imogiri.

Kampung Batik Laweyan di Solo

Tidak jauh dari Yogyakarta, ada Kampung Batik Laweyan di Solo. Industri batik di sini sudah dimulai sejak 500 tahun lalu atau sekitar abad ke-19. Hingga saat ini setidaknya ada 250 motif batik yang telah dipatenkan sebagai khas dari Kampung Batik Laweyan. 

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan selain membatik di Kampung Laweyan, yaitu berkeliling sambil berfoto di berbagai bangunan dengan gaya arsitektur Jawa, Eropa, Tionghoa, dan Islam yang ada di kampung ini.

Kampung Batik Semarang di Semarang

Jika Anda berlibur di Semarang, sempatkan waktu mengunjungi Kampung Batik yang lokasinya tidak jauh dari Kota Lama. Sesampainya di sini, Anda akan disambut dengan berbagai grafiti indah berwarna-warni yang menggambarkan batik dan keragaman di Indonesia.

Tak hanya untuk berbelanja, Anda yang ingin belajar dasar-dasar membatik bisa belajar di kampung ini juga. Meski namanya Kampung Batik Semarang, ternyata koleksi batik yang terdapat di kampung batik ini bukan hanya khas Semarang, tapi juga berbagai motif batik dari seluruh Indonesia.

Kampung Batik Kauman di Pekalongan

Referensi kampung Batik di daerah Jawa Tengah selanjutnya yakni Kampung Batik Kauman di Pekalongan. Di kampung ini, ada berbagai macam motif batik yang dihasilkan dari teknik membatik tulis, cap, maupun kombinasi keduanya. Kampung ini tak hanya menjadi destinasi berbelanja batik, tetapi juga sebagai pusat budaya. Sebab, di sini, Anda bisa belajar tentang sejarah batik, hingga mencoba membuat batik sendiri dengan bimbingan langsung para pengrajinnya.

Kampung Batik Lasem di Rembang 

Masih di Jawa Tengah, ada juga sentra pengrajin batik di Kampung Batik Lasem, Rembang. Batik lasem merupakan salah satu motif batik populer di Indonesia. Batik Lasem juga dikenal dengan sebutan Batik Tiga Negeri, karena proses pewarnaan melalui tiga kali proses.

Kekhasan Kain Batik Lasem terletak pada coraknya yang merupakan gabungan pengaruh budaya Tionghoa, budaya lokal masyarakat pesisir utara Jawa Tengah, serta budaya Keraton Solo dan Yogyakarta.  Di kampung ini, Anda bisa menilik langsung proses pembuatan serta pewarnaan kain Batik Lasem.

Kampung Batik Palbatu di Jakarta

Siapa sangka di tengah-tengah bangunan tinggi Ibu Kota, ada satu tempat khusus belajar membatik yakni di Kampung Batik Palbatu yang berlokasi di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Di kampung ini, terdapat sebuah sanggar bagi Anda yang ingin belajar membatik. Ada juga gerai batik yang menjual ragam motif batik, mulai dari motif topeng betawi, motif kembang api, hingga motif burung gelatik buah rambutan.

Agar makin terasa atmosfer budayanya, jalan serta tembok di kampung ini sengaja dilukis dengan motif batik. Ini juga yang membawa Kampung Batik Palbatu meraih dua rekor MURI dengan kategori rekor jalan terpanjang dengan motif batik (133,9 m), serta rekor jumlah rumah warga yang paling banyak dicat dengan motif batik.

Kampung Batik Trusmi di Cirebon

Kampung Batik Trusmi adalah salah satu pusat industri kreatif di Cirebon. Selain batik, kawasan yang terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer sebelah barat dari Kota Cirebon ini juga menyediakan wisata kuliner, seperti tahu gejrot maupun empal gentong.

Kampung Batik Trusmi juga dikenal sebagai pusat pelatihan seni dan budaya. Misalnya untuk pengadaan seminar ataupun pelatihan membatik. Sejak lama, Batik Trusmi menjadi ikon koleksi kain nasional. Selain batik Cirebon, Batik Trusmi menyediakan batik tulis, batik pesisir, dan batik khas keraton. Maklum saja, ada dua keraton yang sangat mempengaruhi motif batik keratin. yakni Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan.

Kampung Batik Jetis di Sidoarjo

Jawa Timur juga punya kampung batik, yaitu Kampung Batik Jetis, di Desa Lemahputro, Sidoarjo. Penduduk setempat sudah bergelut dengan industri batik sejak 1970-an. Batik Jetis punya ciri khas warna cerah seperti merah, biru, kuning, dan hijau. Sedangkan motif yang paling terkenal yaitu motif burung merak. Sama dengan sentra batik lainnya, di sini Anda bisa berkunjung untuk belajar hal tentang batik, pun berbelanja batik langsung dari pengrajinnya.

Itulah delapan kota di Indonesia yang bisa Anda kunjungi jika tertarik membatik. Belajar banyak hal tentang batik bisa jadi salah satu upaya melestarikan kebudayaan Indonesia.